Sistem sensorik ikan: organ indera

Sistem sensorik ikan, organ indera

Jumlah dan jenis organ indera pada sistem sensorik ikan berbeda dengan yang terdapat pada organisme terestrial. Sifat-sifat tersebut merupakan hasil dari perbedaan sifat antara air dan udara seperti kelarutan, densitas, viskositas, konduktivitas listrik, penyerapan foton dan indeks bias.

Patut dicatat bahwa dalam sistem sensorik ikan , mereka jarang bergantung pada satu organ indera untuk mendapatkan informasi dari lingkungannya tergantung pada jenis lingkungan sensorik tempat mereka berada.

organ indra ikan

Organ indera dan sistem visual

Organ dengan penerimaan cahaya terbesar pada ikan adalah mata. Namun, reseptor gurat sisi pada spesies seperti lamprey dan organ pineal pada banyak ikan sensitif terhadap cahaya. Beberapa spesies dapat memiliki penglihatan yang sangat baik, sementara yang lain, seperti keluarga Amblyopsidae, tidak memiliki persepsi visual sama sekali. Ikan bertulang memiliki mata dasar vertebrata apa pun bersama dengan beberapa adaptasi. Struktur ini memiliki kerucut dan batang dan pada ikan air permukaan terdapat penglihatan warna. Mereka memiliki sel visual khusus untuk mendeteksi panjang gelombang dan intensitas tertentu.

Dalam sistem sensorik pada sebagian besar spesies osteichthyan, pupil tidak mampu mengembang dan berkontraksi sesuai dengan kondisi cahaya. Pada ikan laut dalam, mata adalah struktur besar yang memungkinkan mereka menyerap cahaya sebanyak mungkin, dan banyak spesies memiliki kemampuan untuk menghasilkan sumber cahayanya sendiri. Sebaliknya, ikan air dangkal memiliki mata yang jauh lebih kecil. Karena air dapat memantulkan hingga 80% cahaya, pada beberapa spesies terdapat lapisan reflektif yang dikenal sebagai tapetum lucidum yang bertanggung jawab untuk memantulkan sinar kembali ke retina untuk kedua kalinya.

Sistem pendengaran sebagai organ indera ikan

Pada organ indera ikan yang berhubungan dengan sistem pendengaran, perlu diperhatikan bahwa ikan tidak memiliki bukaan luar seperti telinga. Gelombang suara berjalan melalui jaringan lunak ke struktur pendengaran. Ini tidak hanya terlibat dalam mendengarkan, tetapi juga berperan dalam deteksi keseimbangan dan akselerasi [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *