Sistem pernapasan kucing, deskripsi dan operasi

Sistem pernapasan kucing

Sistem pernapasan kucing terdiri dari serangkaian organ dan jalur yang bertanggung jawab untuk pengangkutan oksigen ke sel dan pengeluaran karbon dioksida yang sesuai. Bagian utamanya adalah:

Paru-paru

Di sinilah terjadi pertukaran gas, ada dua, paru kanan dan kiri. Mereka terletak di rongga dada. Strukturnya elastis dan kenyal. Mereka dikelilingi oleh pleura dan terdiri dari serangkaian lobus (empat paru kanan dan tiga kiri): kranial, lobus kaudal, lobus aksesori (hanya di paru kanan) dan tengah. Bobotnya bisa sekitar 1% dari berat badan kucing.

Rongga hidung

Pada sistem pernafasan kucing, rongga hidung terdiri dari dua lubang yang memudahkan masuknya udara, kedua lubang tersebut dipisahkan oleh septum hidung. Itu terletak di bagian depan rongga tengkorak.

Filtrasi udara juga terjadi pada mukosa hidung, juga bekerja dengan cara melembabkannya.

Tekak

Faring terletak di belakang langit-langit dan merupakan organ berotot yang bertindak sebagai penghubung antara rongga hidung dan laring, dengan cara ini dapat mengarahkan udara ke tempat yang sesuai. Itu juga terkait dengan kerongkongan, dalam hal ini bertindak untuk mengarahkan makanan ke sana.

Pangkal tenggorokan

Fungsi utamanya adalah bertindak sebagai katup untuk mengatur masuknya udara antara faring dan trakea. Dalam sistem pernapasan kucing, laring bertanggung jawab untuk menghasilkan vokalisasi. Di salah satu lipatannya terdapat pita suara. Itu terletak di daerah inter-maxillary.

Batang tenggorok

Trakea berbentuk tabung, fleksibel, elastis, dan memanjang berkat adanya cincin tulang rawan. Ia bergerak melalui leher mengikuti laring, memasuki rongga dada di mana ia terbagi menjadi dua bronkus, kiri dan kanan. Pada kucing memiliki perkiraan panjang sekitar 8 cm.

bronkus

Bronkus adalah cabang terminal dari trakea yang menembus paru-paru, pada gilirannya terus bercabang menjadi apa yang disebut bronkiolus, dengan cara ini dapat menghasilkan pertukaran gas antara udara dan darah.

Dalam sistem pernapasan kucing, paru-paru kanan lebih besar dari kiri, karena jantung lebih menonjol ke kiri [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *