rusa kutub, rangifer tarandus, karibu

Rusa atau karibu: Rangifer tarandus

Fitur dan deskripsi

Rusa kutub , Rangifer tarandus , untuk Eropa dan Asia atau karibu untuk Amerika adalah hewan mamalia dari keluarga Cervidae. Ini dianggap satu-satunya spesies dalam genus Rangifer , meskipun hingga 9 subspesies dari hewan ini telah dideskripsikan.

Secara umum, subspesies rusa yang terletak lebih jauh ke selatan lebih besar daripada yang ditemukan di utara. Panjangnya berkisar antara 1,8 hingga 2,14 m dan berat 159 hingga 182 kg untuk jantan, sedangkan betina berukuran panjang 1,62 hingga 2,05 m, dengan berat 120 hingga 180 kg.Mereka memiliki mantel yang cukup tebal yang berfungsi sebagai insulator yang sangat baik. terhadap suhu rendah yang dapat mereka tahan. Suatu jenis bulu kuda tumbuh di bagian depan leher yang memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap hawa dingin. Meskipun ada perbedaan warna yang mencolok antara subspesies, umumnya berwarna kecoklatan hingga abu-abu dengan bagian putih.

Rusa kutub adalah satu-satunya spesies rusa yang jantan dan betinanya memiliki tanduk di kepalanya. Ini dapat berukuran lebih dari 1 m lebar dan panjang 75 cm, karena jantan lebih besar dari yang ada pada betina. Hewan-hewan ini melepaskan tanduknya setiap tahun, di musim semi untuk jantan dan di musim panas untuk betina. Karibu menghadirkan penglihatan ultraviolet yang memungkinkannya membedakan aspek kontras tinggi di lingkungan Arktik seperti rambut dan urin.

Rusa kutub adalah mamalia yang cukup cepat dengan kecepatan berkelanjutan hingga 40 km/jam dan dapat mencapai 80 km/jam dalam jarak pendek. Di alam liar, betina lebih berumur panjang, hidup hingga 15 tahun, tidak seperti jantan yang hanya hidup sekitar 10 tahun. Di penangkaran ada catatan individu yang telah mencapai usia 20 tahun.

memberi makan karibu

Rusa kutub adalah hewan herbivora dan pola makannya bervariasi menurut musim. Di musim panas mereka memakan daun pohon willow dan birch, jamur, rerumputan, alang-alang, dan banyak jenis tumbuhan hutan lainnya. Di musim dingin, lumut kerak menjadi sumber nutrisi yang penting, meskipun mereka terus memakan semua jenis vegetasi yang mungkin tersedia.

Hewan mamalia berkuku ini makan pada pagi atau sore hari [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *