Sistem saraf pada hewan vertebrata mamalia

Struktur otak anjing

Sistem saraf hewan vertebrata mamalia bertanggung jawab untuk menangkap sinyal eksternal dan internal, memprosesnya dan bertindak sesuai dengan itu. Semua gerakan, proses dan fungsi dimediasi oleh sistem saraf. Fungsi mereka adalah:

' Mengatur dan mengkoordinasikan semua fungsi dari sistem yang berbeda.

' Memberi tahu hewan tentang apa yang ada di sekitarnya baik secara internal maupun eksternal dan menguraikan respons.

' Membangun komunikasi: menerima pemikiran, menguraikan jawaban dan memancarkannya.

Agar semuanya berfungsi dengan baik, sistem saraf pada hewan vertebrata mamalia diatur ke dalam serangkaian struktur khusus:

  • Reseptor: adalah struktur yang berspesialisasi dalam menangkap stimulus tertentu, misalnya, termoreseptor bertanggung jawab untuk menangkap perubahan suhu.
  • Saraf: mereka adalah lorong untuk informasi yang ditangkap di reseptor (aferen) dan respons yang diuraikan sebagai akibatnya, ia bergerak dari pusat saraf ke organ efektor (eferen).
  • Pusat saraf: mereka dapat dari berbagai kategori dan menyiapkan respons berdasarkan informasi yang diterima dari reseptor.
  • Organ efektor: mereka bertugas melakukan respons dan terutama otot dan kelenjar.

Neuron adalah sel dasar yang membentuk sistem saraf pada hewan vertebrata mamalia dan terdiri dari:

  • Badan sel: mengandung nukleus dan organel yang diperlukan untuk fungsi sel.
  • Dendrit: cabang tempat masuknya sinyal, mereka pendek.
  • Akson: cabang panjang untuk keluaran dan transmisi sinyal.

Sehingga stimulus ditangkap di ujung reseptor yang sesuai dan ditransmisikan melalui akson ke dendrit sel berikutnya. Kontak antara satu neuron dengan neuron lainnya disebut sinaps, di mana bagian akhir akson dari satu neuron menuangkan neurotransmiternya ke celah sinaptik, di mana ia melakukan kontak, baik dengan dendrit atau dengan badan sel berikutnya. melalui reseptor spesifik, mentransmisikan informasi.

Jaringan saraf dikelilingi oleh sel-sel khusus lainnya yang memberikan dukungan, nutrisi dan perlindungan, yang disebut sel neuroglia atau glial [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *