Sistem otot ikan

Sistem otot ikan
Oleh Mokele ' Pekerjaan sendiri/CC BY 3.0

Dalam sistem otot ikan, penggerak terjadi sebagai akibat dari gerakan gelombang yang dihasilkan oleh kontraksi blok segmen otot yang disebut miotom atau miomer. Saat otot-otot di satu sisi berkontraksi, otot-otot di sisi yang berlawanan mengendur dengan meregangkan seluruh tubuh secara bergantian dari satu sisi ke sisi lain. Gerakan seperti itu menghasilkan gaya pendorong yang mendorong ikan ke depan melalui air.

Perkembangan otot berhubungan erat dengan tulang tempat melekatnya otot dan bervariasi menurut umur, aktivitas fisik dan status gizi ikan. Dalam sistem otot ikan, pada sebagian besar spesies, otot terus berkembang sepanjang hidup hewan dan oleh karena itu pertumbuhan otot merupakan kombinasi dari sel yang baru terbentuk dan serat yang sudah ada sebelumnya dengan ukuran lebih besar.

otot rangka

Otot kerangka ikan terdiri dari bagian kepala, badan, ekor, dan otot usus buntu yang mengontrol sirip. Otot usus buntu adalah turunan dari miotom batang dan tergantung pada jenis renang yang dilakukan ikan, mereka mungkin atau mungkin tidak memainkan peran mendasar dalam perpindahan. Ada otot kepala yang berhubungan dengan gerakan membuka dan menutup mulut dan opercula serta gerakan mata dan insang.

myotom

Dalam sistem otot ikan, miotom adalah struktur yang memiliki bentuk "W" dan tersusun dalam segmen-segmen atau metamer di seluruh tubuh. Myotom yang berdekatan dipisahkan oleh septum membran yang disebut myosepta, dan masing-masing melekat pada tulang rusuk di beberapa titik.

Septa, otot dorsal dan ventral

Setiap vertebra dikelilingi oleh blok otot yang menempati empat kuadran tubuh yang terlihat melintang. Dalam sistem otot ikan masing-masing dari empat blok dipisahkan oleh septa vertikal dan horizontal yang terbuat dari jaringan ikat, disusun sedemikian rupa sehingga terdapat dua blok punggung dan dua blok ventral.

Otot punggung memanjang secara longitudinal dalam dua bagian dari batang ke ekor. Otot-otot ventral diatur secara latero-ventral di batang dan mengelilingi rongga perut dan perikardial dalam dua bagian hingga anus dan meluas ke ekor.

tendon

Dalam sistem otot ikan, otot melekat pada tulang dengan tendon yang terbuat dari jaringan ikat [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *