Sistem limfatik pada manusia, fungsi dan bagian-bagiannya

Berbagai sistem yang membentuk tubuh manusia, memenuhi fungsi spesifik dan penting yang membantu menjaga keseimbangan fisik dan kimiawi tubuh manusia, pengorganisasian sistem ini menyediakan kondisi yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan pemeliharaan organisme yang akan dibawa. keluar secara optimal. Dalam artikel kami, kami akan mempelajari sistem limfatik , di mana kami akan belajar mengidentifikasi setiap bagiannya, fungsi yang dijalankannya, cara kerjanya, dan hubungannya dengan sistem tubuh manusia lainnya seperti sistem peredaran darah, sistem integumen antara yang lain.

Untuk mempelajari dan dapat mendeskripsikan bagian-bagian dan keseluruhan proses yang dilakukan oleh sistem ini, perlu dijawab pertanyaan berikut: apa itu sistem limfatik?

Pengertian sistem limfatik

Sistem limfatik didefinisikan sebagai jaringan pembuluh dan simpul yang terintegrasi di mana zat dan molekul penting diangkut, yang nantinya akan dilepaskan ke aliran darah, oleh karena itu ia juga dikenal sebagai sistem peredaran darah sekunder dan berjalan paralel dengan sistem peredaran darah. yang membawa darah.

Perlu dicatat bahwa sistem limfatik bukanlah sistem tertutup, tetapi dimulai di jaringan yang berbeda di mana cairan dimasukkan dan mulai mengalir, yang pada gilirannya akan berpindah ke kapiler dan pembuluh limfatik untuk memulai jalur yang akan membawa mereka ke dilepaskan ke aliran darah, khususnya di vena subklavia.

Apa yang diangkut oleh sistem limfatik? (Getah bening)

Seperti yang telah disebutkan, sistem limfatik mengangkut zat dan makromolekul yang sangat berharga melalui jaringan kapiler dan pembuluh darahnya, di antaranya adalah protein, vitamin, lemak yang telah dicerna oleh usus dan, seolah-olah itu tidak cukup, juga sel-sel usus. sistem kekebalan, karena mikroorganisme yang berhasil menembus penghalang perlindungan primer dikumpulkan melalui rute ini, seperti sistem integumen.

Seluruh campuran senyawa yang disebutkan di atas dikenal dengan nama getah bening, merupakan cairan tidak berwarna yang sebagian besar terbentuk oleh filtrasi yang dialami oleh kapiler sistem peredaran darah, yang jatuh ke dalam ruang antar sel (ruang antar sel) adalah diserap kembali oleh kapiler dan pembuluh limfatik dengan komponen lainnya [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *