Sistem kekebalan hewan (vertebrata dan invertebrata)


Sistem imun hewan adalah yang bertugas memberikan perlindungan dan pertahanan terhadap agen tertentu yang ingin menyerang, menetap dan bereproduksi pada hewan. Agen asing ini dapat menyebabkan penyakit pada tubuh hewan, karena mereka dapat menggunakan molekul yang menyebabkan kerusakan, untuk mencapai tujuannya. Molekul-molekul ini dikenal sebagai antigen.

Sistem kekebalan hewan memiliki sejarah evolusi yang panjang, sama pentingnya untuk hewan vertebrata dan invertebrata. Sistem ini memiliki kemampuan untuk mengenali zat dan molekul organisme. Sehingga membantu menjaga homeostasis dan keseimbangan seluler. Itu juga dapat mengenali perubahan organisme, sehingga bertindak untuk mengontrol dan mencegah munculnya penyakit degeneratif.

Sistem kekebalan hewan invertebrata

Meskipun beberapa hewan invertebrata dianggap sederhana karena konformasi selnya, mereka juga memiliki sistem kekebalan untuk pertahanannya. Sistem kekebalan hewan invertebrata terdiri dari pertahanan seluler, juga dikenal sebagai kekebalan bawaan. Mereka juga memiliki kekebalan humoral, yang meskipun sangat terbatas, telah membantu mereka bertahan hidup selama bertahun-tahun dan menjadi hewan dengan kehadiran terbesar di planet ini.

Kekebalan bawaan hewan invertebrata terdiri dari sel-sel yang, bergantung pada lokasinya, akan menerima namanya. Sel-sel ini berfungsi menjebak organisme patogen, yang dihancurkan di dalam sel-sel ini dalam kompartemen khusus (contoh: fagolisosom), sebelum dapat membahayakan hewan inang. Fungsi seluler ini dikenal sebagai fagositosis. Untuk melakukan fungsi ini, sistem kekebalan hewan invertebrata memiliki hemosit dan selomosit.

Beberapa hewan, seperti tunikata (lihat urochordate), juga memiliki mekanisme dalam sistem kekebalannya yang dapat digunakan untuk menghilangkan patogen. Mekanisme ini dikenal dengan nama komplemen, yang terdiri dari pemesanan beberapa molekul yang akan diaktifkan dalam bentuk kaskade, hingga membentuk kompleks yang akan mengeliminasi organisme penyerang. Beberapa molekul ini sama dengan yang ditemukan pada vertebrata.

Seperti disebutkan di atas, sistem kekebalan hewan invertebrata mengandung molekul kekebalan humoral [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *