Sistem pencernaan kucing

Sistem pencernaan kucing (warna hijau)
I, Surachit/CC BY-SA 3.0

Sistem pencernaan kucing terdiri dari sekelompok organ yang bertanggung jawab untuk memperlancar pencernaan. Proses pencernaan mengubah makanan menjadi nutrisi untuk diasimilasi oleh tubuh.

Tabung pencernaan bertugas melakukan proses ini yang dimulai di mulut dan diakhiri dengan pengeluaran limbah melalui anus. Ada proses mekanis pertama yang terdiri dari mengubah makanan menjadi partikel atau porsi yang lebih kecil dan lebih kecil, kemudian proses kimia atau enzimatik berkembang dengan fungsi sekresi melalui kelenjar, dengan cara ini nutrisi dapat diserap dan masuk ke dalam darah. Terakhir, dalam sistem pencernaan kucing, materi yang tidak dapat digunakan dikeluarkan oleh organisme.

mulut kucing

Sistem pencernaan kucing dimulai dengan mulut, berukuran besar dan membuka atau menutup melalui bibir. Di dalam, langit-langit mulut tidak memiliki terlalu banyak tonjolan, dipangkas dan mempertahankan bentuk bergelombang. Lidahnya lebar, cukup kuat dan dengan banyak papila bertanduk.

Gigi dewasa dicirikan oleh taring yang berkembang dan gigi geraham yang terspesialisasi atau teradaptasi seperti pada karnivora lainnya. Formula gigi kucing dewasa adalah:

2 (I 3/3 C 1/1 P 3/2 M 1/1) sehingga berjumlah 30 gigi.

Pada proses pertama, makanan dihancurkan dan dikunyah berkat rahang dan gerakan vertikal yang sesuai, air liur membantu pencernaan, juga berfungsi sebagai pelumas kerongkongan.

Kerongkongan

Faring menghubungkan mulut dengan kerongkongan, ini memanjang, lebar dan melebar.

perut kucing

Makanan disimpan di lambung dan cairan lambung dikeluarkan. Ini mengontrol volume makanan yang harus melewati usus, mereka juga memiliki enzim yang membantu memproses protein. Pada kucing kapasitasnya antara 300 hingga 350 ml volume.

Perut adalah organ otot yang elastis. Cincin otot atau sfingter pilorus dapat dibuka atau ditutup untuk transit cairan lambung.

Dalam sistem pencernaan kucing, chyme mewakili makanan yang telah diubah untuk dapat dipindahkan ke usus kecil.

Usus halus

Pada kucing, usus kecil panjangnya antara 1 hingga 1,7 m [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *