Simetri pada hewan, apa itu, jenis dan contohnya

© Paradais Sphynx

Dalam biologi, klasifikasi makhluk hidup yang benar sangat penting untuk mempertahankan urutan yang benar di semua tingkat taksonomi di seluruh dunia. Oleh karena itu, berbagai alat dan metode digunakan untuk memfasilitasi tugas ini, di antaranya adalah simetri pada hewan , istilah yang mengacu pada bagian-bagian tubuh yang dapat dibagi secara seimbang.

Simetri pada hewan bukanlah satu jenis, oleh karena itu terdapat klasifikasi khusus berdasarkan kondisi ini. Selanjutnya kita akan tahu segalanya tentang apa itu simetri dan tentu saja kita akan menyebutkan contoh hewan di mana masing-masingnya muncul.

Apa itu simetri?

Simetri dalam biologi didefinisikan sebagai distribusi yang seimbang dari bagian-bagian makhluk hidup, sehingga didistribusikan secara merata setelah pembagian pada sumbu atau bidang. Pada hewan dengan simetri, organ dan struktur lain yang menyusunnya diatur dengan cara yang setara.

jenis simetri

Dua jenis umumnya terlihat pada hewan, ini adalah simetri bilateral dan simetri radial. Yang paling umum bersifat bilateral, karena memberikan manfaat yang lebih besar bagi berbagai spesies hewan. Ada juga hewan yang tidak memiliki apapun, sehingga disebut hewan asimetris.

simetri bilateral

Simetri bilateral adalah jenis yang paling tersebar luas di antara hewan, didasarkan pada pembagian tubuh hewan menjadi dua bagian yang sama. Pembagian dilakukan melalui bidang imajiner yang disebut bidang sagital, dan memisahkan organisme menjadi separuh kiri dan separuh kanan. Bagian-bagian bidang sagital adalah cermin satu sama lain.

Bidang frontal dan transversal

Pada hewan dengan simetri bilateral, dua sumbu dapat ditelusuri, yaitu sumbu dorso-ventral dan sumbu antero-posterior. Hal ini memungkinkan membagi hewan menjadi bidang lain yaitu frontal dan transversal, di mana sisi yang dihasilkan belum tentu simetris.

Bidang frontal: merupakan garis tegak lurus terhadap bidang sagital dan membagi tubuh menjadi bagian dorsal dan ventral, oleh karena itu dalam biologi disebut divisi dorsoventral. Istilah lain yang digunakan adalah bidang koronal, dengan kata sederhana mengacu pada punggung dan perut hewan [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *