Simbiosis pada hewan, asosiasi dengan tujuan berbeda

Simbiosis pada hewan
Paradais Sphynx/ CC BY 2.0

Sepanjang hidup, interaksi antar organisme telah memainkan peran mendasar bagi evolusi, dalam banyak kasus, memberi spesies atribut baru yang memungkinkan mereka meningkatkan kemampuan mereka untuk memperoleh makanan, tempat berlindung, dan bahkan perbaikan habitat sistem reproduksi, untuk meningkatkan kemampuan mereka. peluang sukses di dunia alami. Lebih tepatnya, simbiosis pada hewan telah memungkinkan mereka berinteraksi dengan spesies dari kelompok zoologi yang berbeda dan bahkan dengan organisme dari kerajaan lain seperti Plantae dan Protista.

Apa itu simbiosis?

Dalam dunia biologis, simbiosis didefinisikan sebagai suatu proses di mana setidaknya dua spesies berbeda bersatu atau berinteraksi satu sama lain dengan tingkat kerja sama yang berbeda, untuk meningkatkan beberapa aspek perkembangan atau stabilitas mereka seperti yang dinyatakan sebelumnya organisme yang telah terbentuk. Perlu diingat bahwa dalam proses simbiosis terdapat perbedaan tingkat kerjasama antar spesies, yang paling dikenal adalah mutualisme, yaitu ketika pihak-pihak yang terlibat menerima keuntungan bersama dan pada beberapa kesempatan sangat penting untuk tetap hidup, yang artinya , bahwa jika salah satu organisme terpisah dari hubungan simbiosis, kehidupan tidak lagi dapat bertahan untuk salah satu dari mereka.

Ada juga hubungan di mana hanya satu anggota proses yang diuntungkan dan anggota hubungan lainnya tetap tidak berubah, menyebut situasi ini komensalisme; sementara proses di mana satu anggota diuntungkan dan yang lain dirugikan oleh tindakan mereka disebut parasitisme; menjadi semua kasus simbiosis yang ada di dunia hewan.

Pada artikel ini akan kami uraikan contoh-contoh simbiosis pada hewan, mulai dari hewan kecil seperti serangga, hingga yang lebih besar termasuk hewan air dan cara mereka berinteraksi dengan mikroorganisme dan spesies hewan dan tumbuhan lainnya.

Contoh simbiosis pada hewan

Ada banyak organisme dan lebih khusus topik yang dibahas: simbiosis pada hewan. Kami menyoroti contoh tipikal [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *