Lele, informasi spesies dan contoh

Lele
[email protected]/CC BY-SA 2.0

Ikan lele adalah spesies yang sangat populer untuk dimasukkan ke dalam akuarium domestik.Ada banyak spesies ikan lele dan karakteristik fenotipiknya membuat banyak spesimen sangat menarik sebagai hewan hias; Selain itu, mereka memainkan peran penting dalam hal biotope yang diciptakan kembali di dalam akuarium domestik, karena banyak yang digunakan untuk membersihkan dasar sisa makanan berlebih, mencegah pembusukan dan kerusakan air selanjutnya.

Ada kelompok tertentu yang memiliki cangkir hisap di rongga mulut, menyoroti milik keluarga loricáridos, yang memungkinkan mereka menempel di dinding akuarium dan membersihkan bagian dalam guci; Di sisi lain, sejumlah besar ikan lele adalah konsumen alga, yang membantu mencegah perkembangbiakannya dan, akibatnya, menjaga kondisi tangki ikan lebih baik, meskipun ini tidak berarti bahwa akuarium dibebaskan dari pemeliharaan yang memadai. untuk memfasilitasi diet seimbang untuk manfaat kesehatan ikan lele.

Ciri-Ciri Ikan Lele

Ada berbagai macam spesies, termasuk dalam ordo Siluriformes; Sebagai sifat fenotipik, perlu dicatat bahwa mereka memiliki tentakel di mulutnya, yang disebut sungut berfilamen, dan itulah alasan mengapa mereka sering disebut sebagai ikan lele. Duri ini selalu ada di sisi mulut, bisa juga ada di rahang bawah, bahkan di moncongnya sendiri yang berhubungan dengan lubang hidung. Tujuan utamanya adalah menggunakannya sebagai alat indera, karena berkat mereka mereka dapat dengan mudah mendeteksi makanan yang mereka konsumsi.

Mereka memiliki duri yang tajam dan dapat ditarik di bagian depan sirip punggung dan dada mereka, tidak diragukan lagi merupakan elemen potensial yang membantu mereka mempertahankan diri dari pemangsa. Selain itu, spesies tertentu memiliki kelenjar racun pada duri itu sendiri, yang dapat mereka suntikkan ke korbannya. . Tidak semua ikan lele memiliki duri, pada spesies tertentu duri tersebut tidak ada karena telah menyelesaikan proses evolusinya.

Ciri lain yang menjadi ciri ikan lele adalah adanya kulit keras tanpa sisik, bahkan kelompok tertentu memiliki lempeng kulit berupa pelindung, yang akan menggantikan sisik dalam evolusinya.

Kebiasaan dan kebiasaan [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *