Ular biru, Trimeresurus insularis

Bernard DUPONT/CC BY-SA 2.0

Ular biru ( Trimeresurus insularis ) adalah spesies ular berbisa dalam famili Viperidae yang endemik di Asia Tenggara. Ini adalah predator dengan kebiasaan nokturnal dan kebiasaan arboreal yang terkait erat dengan spesies lain dari genus seperti T. albolabris, T. fasciatus, T. erythrurus dan T. purpureomaculatus . Ular ini dicirikan oleh warna sisiknya yang hijau kebiruan, yang juga berwarna-warni.

Genus Trimeresurus telah mengalami perubahan taksonomi sepanjang sejarahnya, seperti spesies Viperidae Asia lainnya. Namun, berkat studi molekuler DNA mitokondria, dimungkinkan untuk membedakan setidaknya tujuh genera berbeda yang membentuk kompleks. Dengan cara ini, dalam Trimeresurus sekitar 50 spesies telah dideskripsikan yang tersebar di seluruh benua Asia dan beberapa pulau Pasifik.

Distribusi dan habitat ular biru

Ular biru endemik Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia. Trimeresurus insularis telah tercatat dari pulau Alor, Flores, Adonora, Bali, Lombok, Komodo, Rinca, Roti, Padar, Romang, Sumbaa, Timor, Wetar dan Sumba. Selain itu, tercatat spesimen dari Jawa Timur, Kisa, Lomblen, Semau dan Pantar. Di sebagian besar tempat, spesies ini memiliki persebaran ketinggian dari permukaan laut hingga ketinggian 1.200 meter, meskipun telah ditemukan hingga ketinggian 1.500 meter.

Trimeresurus insularis dicirikan oleh fleksibilitasnya untuk menghuni sejumlah besar lingkungan. Hewan ini dapat hidup di hutan tropis dengan persentase curah hujan tahunan yang tinggi, serta di lingkungan yang kering. Selain itu, ini adalah spesies yang sangat nokturnal.

Penampilan