Kingdom monera, ciri-ciri dan contohnya

Kingdom monera, bakteri

Ketika kita berbicara tentang kerajaan monera , kita mengacu pada mikroorganisme yang terdiri dari satu sel prokariotik yang tidak memiliki inti yang jelas.

Ini adalah istilah yang mendefinisikan kesederhanaan dan itulah mengapa nama ini dipilih untuk menunjuk pada mikroorganisme ini.

Apa ciri utama kerajaan Monera?

Monera adalah bentuk kehidupan tertua yang diketahui.

Yang mencirikan Moneras adalah bahwa mereka adalah organisme yang sangat sederhana, lebih dari yang lain di alam, yang diberkahi dengan nukleus yang terdefinisi dengan baik di mana materi genetik disimpan. Inti ini dikelilingi oleh membran, yang juga tidak dimiliki kerajaan Monera, dengan cara yang sama mereka tidak memiliki organel lain yang dimiliki oleh organisme lainnya.

Karakteristik lain yang sangat menarik dari Monera adalah sebagai berikut:

Ukuran mereka: Mereka adalah organisme seluler terkecil, antara 3 dan 5 nanometer (nm).

: Selalu osmotrofik. Jenis nutrisi ini adalah yang dilakukan dengan cara menyerap zat-zat terlarut yang ada di sekitarnya. Dan dalam jenis nutrisi khusus ini, kita dapat membedakan antara yang heterotrofik yang dilakukan ketika mereka membutuhkan organisme lain untuk memberi makan dirinya sendiri, dan yang autotrofik, yang dilakukan sendiri. Saya makan? Mensintesis zat esensial yang mereka butuhkan dari zat anorganik.

Respirasi mereka: Respirasi Monera bersifat anaerobik pada sebagian besar kasus.

Reproduksi: Reproduksi Moneras adalah subjek yang menarik dan sederhana. Mitosis tidak ada di kerajaan Monera. Mengapa? Nah, karena untuk mitosis ada, harus ada nukleus dan materi genetik yang tidak dimiliki kerajaan Monera, seperti yang telah kita soroti di paragraf sebelumnya. Bagaimana mereka melakukannya? Dengan pembelahan biner, yaitu sel "membuat fotokopi" dirinya sendiri dan molekul DNA-nya masuk ke dalam sel baru yang baru lahir. Itu sebabnya mereka persis sama.

Gerakan: Dan bagaimana mereka bergerak? Dengan flagela. Flagela adalah pelengkap, seolah-olah rambut, dengan gerakan dan bentuk cambuk, yang mereka gunakan untuk mendorong diri mereka sendiri, mirip dengan yang harus digerakkan oleh spermatozoa [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *