Indra burung. Bagaimana perasaan burung tentang dunia?

Indra burung

Burung, seperti kebanyakan hewan, menggunakan indera mereka untuk bertahan hidup, namun tidak semua indera berkembang secara merata. Ada referensi bahwa banyak dari mereka telah berevolusi sesuai dengan tuntutan lingkungan. Pada artikel ini kita mempelajari organ indera burung .

Penglihatan

Diketahui bahwa burung memiliki penglihatan yang sangat baik, dengan mata yang lebih berkembang dan lebih besar daripada mamalia, dalam beberapa kasus mencapai 1/3 dari total berat kepala hewan.

Burung memiliki lebih banyak sel reseptor cahaya daripada manusia, menghasilkan ketajaman visual yang tinggi, yang memungkinkan mereka, antara lain, untuk berbelok dan mengubah arah saat terbang, menghindari pemangsa, atau menangkap mangsa. Penglihatan malam sangat berkembang, baik pada spesies dengan kebiasaan nokturnal maupun yang memiliki kebiasaan bermigrasi setelah gelap. Sesuatu yang juga menonjol pada kebanyakan burung adalah mereka memiliki retina yang sangat sensitif terhadap warna, yang memungkinkan beberapa spesimen, seperti burung kolibri, mendeteksi sinar ultraviolet.

Di antara burung kita dapat menemukan berbagai jenis penglihatan tergantung pada letak matanya. Dalam kasus merpati, mata mereka mengarah ke sisi kepala, yang memungkinkan mereka memiliki bidang penglihatan 320°, tanpa menoleh, dengan cara ini mereka dapat mendeteksi bahaya atau mendekatnya orang lain dari spesies mereka. . Di sisi lain, burung pemangsa seperti burung hantu, memiliki mata yang terletak di depan, yang memberi mereka penglihatan binokular, yang memungkinkan kedua mata untuk fokus pada satu hal pada saat yang bersamaan, hal ini sangat penting saat mengejar burung. . Singkatnya, indra burung berbeda-beda tergantung individunya

Indera dan pendengaran burung

Secara anatomi, telinga burung terletak di belakang dan di bawah mata, tersembunyi di bawah bulu. Meskipun demikian, pendengaran sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka, karena perannya dalam komunikasi vokal, baik untuk dapat memancarkan atau mendeteksi sinyal alarm, tipikal spesies atau predator, serta untuk merasakan lagu pacaran dan mengidentifikasi anak atau orang tua mereka. Selain pendengaran, bagian telinga memungkinkan mereka mengontrol keseimbangan saat terbang, melompat, atau berenang [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *