Ophiophagus hannah: Informasi King Cobra

Foto: Ryan Somma; Lisensi: Creative Commons

Lokasi geografis

Menghuni benua Asia: Indonesia, Filipina, Cina

Deskripsi spesies

Spesimen ini mempertahankan berbagai warna, dari kuning, kehijauan, ungu atau hitam. Perut menampilkan warna yang homogen dengan bagian tubuh lainnya, area tenggorokan berwarna kuning atau krem. Tubuh mereka memanjang, mereka bisa berukuran antara 3 sampai 5 meter. Dalam situasi berbahaya, mereka berperilaku cukup agresif, biasanya mereka tetap tidak aktif jika tidak diganggu, meskipun selama musim kawin mereka tidak segan-segan menyerang saingannya, bahkan dapat mengejarnya hingga jarak yang cukup jauh.

Nama yang umum

Dalam bahasa Inggris disebut Hamadryad atau King Cobra.

Kebiasaan dan makan raja kobra

Ular ini hidup di kawasan hutan, rawa bakau dan rumpun bambu, mereka juga beradaptasi dengan habitat yang terdegradasi dan bahkan mungkin ditemukan di lahan yang didedikasikan untuk budidaya pertanian.

Mereka terutama memakan ular lain.

reproduksi raja kobra

Ovipar, mereka bertelur antara 20 hingga 45 telur. Betina membuat sarang dengan sisa-sisa sayuran, baik jantan maupun betina bertugas menjaga dan mempertahankan sarang.

bahaya

Mereka adalah ular berbisa, racunnya bersifat neurotoksik dan berbahaya bagi manusia.

Konservasi

UINC menilai spesies tersebut sebagai "Rentan", terutama karena penurunan populasi drastis yang dideritanya dalam beberapa tahun terakhir, bahaya yang paling menonjol adalah perusakan habitat dan pengumpulan untuk mengambil keuntungan dari kulitnya di pasar bulu, spesimen juga ditangkap untuk tujuan pengobatan, terutama untuk aplikasi yang berkaitan dengan pengobatan tradisional Tiongkok atau untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan, mereka bahkan dimusnahkan mengingat bahayanya dalam hal racun kuat yang dapat ditularkan oleh reptil ini ke manusia.

Konvensi CITES juga mengatur komersialisasinya, memberikannya tingkat perlindungan yang termasuk dalam Apendiks II.

taksonomi

Kingdom: Animalia, makhluk hidup non-fotosintesis dengan kemampuan bergerak.

Subkingdom: Eumetazoa, menyajikan jaringan dan organ.

Tepi: Chordata, chordata [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *