Standar kucing berbulu sphynx menurut peraturan CFA

kucing standar atau sphinx (CFA)
Foto: Paradais Sphynx

Umum

Untuk CFA (The Cat Fanciers Association) ciri paling khas dari standar kucing sphinx adalah tidak adanya bulu. Sphynx atau kucing tidak berbulu berukuran sedang, bobotnya mengejutkan dalam kaitannya dengan ukurannya; perempuan umumnya lebih kecil dari laki-laki. Tubuhnya hangat dan lembut saat disentuh, seolah-olah kulit buah persik dibelai. Kucing Mesir atau sphinx harus ramah, ceria, dan mudah dimanipulasi.

Kepala

Kepala berbentuk baji yang dimodifikasi, lebih panjang dari lebar, tulang pipi menonjol. Tengkoraknya agak bulat, dahi rata, berhenti sedang. Tulang pipi bulat, tulang pipi menonjol, dagu berkembang dengan baik, kuat.

Telinga

Telinga besar hingga sangat besar, terbuka dan tegak, pangkal lebar; bagian dalam telinga tidak berbulu. Jika dilihat dari depan, bagian luar alas harus dimulai setinggi mata, jangan pernah di bawah atau di atas kepala.

Mata

Mata besar, terbuka, berbentuk lemon; jarak antar mata harus sedikit lebih lebar dari ukuran satu mata. Sejajar dengan bagian luar pangkal telinga.

Tubuh

Tubuh menurut standar CFA harus berukuran sedang, kuat dan berotot. Dada lebar, bulat dan juga perut membulat; pantatnya kuat dan berlubang.

leher

Panjang sedang, bulat, berotot bagus, dan sedikit melengkung.

kaki dan kaki

Kaki berukuran sedang, proporsional dengan tubuh, kuat dan berotot, kaki belakang sedikit lebih tinggi dari kaki depan. Kaki berbentuk lonjong, jari-jari panjang, memiliki lima jari di masing-masing kaki depan dan empat di kaki belakang; bantalan tebal.

Garis

Ramping, lentur, panjang sebanding dengan panjang badan, berbentuk cambuk, yaitu lebar di pangkal dan meruncing ke ujung.

bulu/kulit

The Cat Fanciers Association menyatakan dalam standarnya bahwa sphynx berpenampilan telanjang, tetapi mungkin ada rambut pendek dan halus di kaki, tepi luar telinga, ekor, dan skrotum; jembatan hidung juga tertutup. Bagian tubuh lainnya bervariasi tergantung pada kucingnya, beberapa telanjang bulat, yang lain ditutupi bulu yang mirip dengan kulit buah persik; lapisan ini menciptakan rasa penolakan saat kucing dibelai [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *