Kelas Scaphopoda, scaphopods (cangkang gading)

Scaphopods (kelas Scaphopoda), juga dikenal sebagai cangkang gading , adalah sekelompok moluska bentik yang berjumlah sekitar 350 spesies.

Mereka umumnya hidup di daerah dangkal, meskipun mereka juga hidup di daerah abyssal. Mereka adalah invertebrata yang dicirikan dengan menjalani kehidupan dengan separuh tubuh dimasukkan ke dalam lumpur, khususnya bagian terluas, yang sesuai dengan kaki dan mulut. Tubuh memanjang dan berbentuk kerucut.

Moluska ini memiliki kepala yang kecil atau kurang berkembang, mereka tidak memiliki mata. Mantel itu melilit jeroan untuk membentuk tabung; cangkang hewan ini berbentuk tabung, agak melengkung dan terbuka di kedua ujungnya.

Mereka tidak memiliki insang dan bernapas melalui mantel. Kaki scaphopod berbentuk kerucut dan berlobus tiga, karena mereka adalah hewan penggali.

Kelas Scaphopoda termasuk moluska microphagic, yang menangkap makanan mereka melalui struktur panjang yang muncul dari lobus yang ada di kepala, yang disebut captacles. Saluran pencernaan berbentuk U dan radula hadir bersama dengan odontophore.

Semua spesies dioecious dengan pembuahan eksternal, telur, selama perkembangan embrio, melewati larva trochophore yang menjadi larva veliger.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *