Metamorfosis serangga (kelas Insecta)

Metamorfosis serangga

Pengantar metamorfosis serangga

Mengapa serangga dianggap kelas yang sukses?

Salah satu alasannya adalah adanya metamorfosis. Perkembangan metamorfosis serangga menurunkan persaingan intraspesifik selama fase perkembangan, karena umumnya, sumber makanan dan habitat remaja berbeda dengan dewasa dari spesies yang sama. Pada gilirannya, eksoskeleton serangga tidak tumbuh secara bertahap saat serangga tumbuh, itulah sebabnya serangga, dengan berganti kulit, berhasil melepaskan diri dari kerangka luar sebelumnya dan melanjutkan ke tahap perkembangan berikutnya.

Jenis metamorfosis serangga

Di kelas ini, tiga jenis metamorfosis telah dilaporkan: perkembangan holometabola atau lengkap; perkembangan hemimetabolous atau tidak lengkap; ametabola. Regulasi hormonal memainkan peran penting. Dari sinilah letak tujuan kami, kami berusaha menyajikan ulasan tentang metamorfosis serangga dalam konteks evolusi.

metamorfosis hemimetabola

Dalam metamorfosis hemimetabola, serangga, setelah menetas dari telur, mengalami pergantian kulit berturut-turut saat mereka bertambah besar yang disebut nimfa, umumnya dengan munculnya serangga dewasa dan pada pergantian kulit tahap nimfa terakhir terjadi transisi menjadi dewasa. Peralihan ke keadaan terakhir ini umumnya menunjukkan sedikit perubahan morfologis, terjadi pembentukan sayap dan serangga aktif bereproduksi.

Beberapa serangga yang mengalami metamorfosis jenis ini adalah hemiptera, blatid, orthoptera, phasmid, dan mantis. Ephemeroptera dan Odonata, clade monofiletik, menghadirkan beberapa kekhasan dalam hemimetabolans. Pada Mayflies, remaja melewati tahap nimfa akuatik, tahap nimfa terakhir memberi jalan ke subimagus, tahap bersayap tetapi tanpa sistem reproduksi, dan mabung terakhir memberi jalan kepada orang dewasa bersayap, hidup bebas dan dengan sistem reproduksi aktif. . Tahap nimfa odonate juga akuatik dan mengalami pergantian kulit secara bertahap sebelum beralih ke tahap dewasa bersayap yang hidup bebas.

metamorfosis holometabola

Metamorfosis holometabola adalah kebaruan evolusi yang muncul sekitar 345 Ma [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *