Ikan air tawar, Diplodus sargus, ikan utilitas komersial

Sargo, Diplodus sargus
Júlio Reis/CC BY-SA 3.0

Belajar mengidentifikasi ikan air tawar , Diplodus sargus , ikan bertulang dalam kelompok perciformes dan famili Sparidae. Dalam bahasa Inggris disebut White seabream.

Identifikasi Diplodus sargus

Tubuh Diplodus sargus berbentuk lonjong, agak memanjang, dan memadat di bagian sisinya. Profilnya membulat, mulut dan bibirnya kecil. Di setiap rahang memiliki delapan gigi seri, diikuti oleh tiga atau empat gigi bulat dan gigi geraham. Garis lateral memiliki 58 hingga 67 sisik. Kulitnya berwarna abu-abu keperakan, di bagian panggul ada kurang lebih 9 garis gelap dan terang berselang-seling. Ini menyajikan pita hitam di pangkal ekor, demikian pula tepi sirip ekor dan dubur serta bagian belakang sirip punggung juga gelap.

Yang muda tidak memiliki garis-garis pada tahap pertama kehidupan, mereka mulai terbentuk ketika panjangnya sudah mencapai 3 atau 4 cm. Ukuran maksimum ikan ini adalah 40 cm, individu dengan ukuran lebih besar jarang diamati. Berat rata-rata orang dewasa adalah 1 kg.

Dalam beberapa teks disebutkan dua subspesies ikan air tawar: Diplodus sargus sargus , garis lateral kehilangan pigmentasi seiring bertambahnya usia; Diplodus sargus cadenatti , dibedakan dengan mempertahankan garis-garis ini sepanjang hidupnya, ia juga memiliki satu baris gigi geraham lagi.

habitat ikan air tawar

Ini adalah sejenis air asin. Mereka berenang di kedalaman 0 hingga 50 meter, jarang terlihat di perairan yang lebih dalam. Yang muda ditemukan di perairan yang lebih dangkal, di daerah yang tidak mencolok yang memberi mereka perlindungan. Orang dewasa masuk lebih dalam sehingga mereka tetap berada dalam kelompok besar ikan air tawar. Dasar karang berbatu di daerah pesisir adalah yang disukai untuk spesies ikan air tawar.

Reproduksi dan perkembangan larva

Bream digambarkan sebagai hermafrodit. Ketika ikan mencapai panjang 17 cm, umumnya pada usia 2 tahun, ia mencapai usia reproduksi. Bergantung pada daerahnya, mereka mulai bereproduksi antara Januari dan Juni. Telur berukuran 0,8 hingga 0,9 mm. Larva saat menetas berukuran sekitar 2,6 mm [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *