Ubur-ubur, hewan invertebrata cnidarian penasaran

ubur-ubur laut

Ubur -ubur adalah hewan invertebrata laut yang termasuk dalam filum cnidaria. Nama ubur -ubur tidak taksonomi, karena termasuk organisme dari kelas yang berbeda dan sesuai dengan klasifikasi morfologis murni berdasarkan tubuhnya yang berbentuk lonceng seperti agar-agar.

Ciri-ciri dan deskripsi ubur-ubur

Ubur-ubur adalah satu-satunya hewan diblastik, yaitu, mereka hanya memiliki dua lapisan sel selama perkembangan embrio: endoderm dan ektoderm. Kedua lapisan ini dipisahkan oleh jaringan yang dikenal sebagai mesoglea, unik untuk ubur-ubur. Ini adalah jaringan yang sebagian besar terdiri dari air dan protein struktural yang memberi ubur-ubur konsistensi seperti agar-agar.

Morfologinya sangat khas, berbentuk seperti payung, dengan bagian atas yang mewakili sebagian besar tubuhnya dan berbagai tentakel yang mengelilinginya. Mereka adalah satu-satunya hewan yang memiliki simetri radial primer. Ukuran hewan invertebrata ini dapat sangat bervariasi, karena Anda dapat menemukan spesimen yang berukuran kurang dari satu milimeter dan lainnya yang dapat melebihi 2 meter.

Ubur-ubur tidak memiliki organ khusus untuk melakukan fungsi dasar seperti pernapasan, pencernaan, atau sirkulasi. Di daerah mulut terdapat lubang yang berfungsi baik sebagai anus maupun sebagai mulut dan membuka ke dalam rongga gastrovaskular, tempat berlangsungnya pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Ubur-ubur memiliki sel penyengat unik yang dikenal sebagai cnidocytes. Sel-sel ini kebanyakan ditemukan di tentakel, meskipun beberapa spesies mungkin juga memilikinya di sekitar mulut dan rongga gastrovaskular. Nematocyst diaktifkan secara mekanis, yaitu setelah kontak dengan agen apa pun mereka dilepaskan dan berfungsi sebagai mekanisme pertahanan ubur-ubur.

Distribusi geografis

Ubur-ubur sebagian besar adalah hewan invertebrata laut, meskipun beberapa spesies diadaptasi untuk hidup di air tawar. Mereka dapat ditemukan di samudra atau lautan mana pun di dunia karena kebutuhan nutrisi dan oksigennya umumnya tidak banyak.

Memang benar bahwa sebagian besar spesies lebih menyukai perairan hangat, dengan banyak nutrisi dan banyak garam [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *