Campak merupakan penyakit virus yang harus anda ketahui

DFID/CC BY 2.0

Campak adalah penyakit yang biasanya terjadi pada masa kanak-kanak. Dan kami mengatakan bahwa itu terjadi karena merupakan penyakit menular yang dianggap telah diberantas di banyak negara di dunia. Spanyol telah menjadi salah satu negara yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia sebagai zona bebas campak pada tahun 2018. Ini tidak berarti bahwa tidak ada kasus, tetapi semuanya dianggap sebagai "kasus impor".

Mari belajar sedikit lebih banyak tentang hal-hal penting tentang penyakit ini.

Apa penyebab campak?

Tidak sedikit orang tua yang was-was saat melihat salah satu anaknya mengalami "jerawat, gatal-gatal atau bercak kemerahan". Hampir seketika mereka pergi ke dokter dan bertanya, apa yang Anda miliki?

Meskipun apa yang kami katakan tentang penyakit yang diberantas itu benar, juga benar bahwa ada musim di mana kasus yang terisolasi atau tidak begitu terisolasi muncul.

Apa agen penyebab penyakit menular ini? Itu virus. Virus dari keluarga Paramyxoviridae. Virus ini memiliki masa inkubasi yang berkisar antara empat hingga lima belas hari. Selama ini, subjek yang terkena tidak menunjukkan gejala apa pun. Begitu gejala-gejala ini, yang akan kita rujuk nanti, muncul, saat itulah penyakit mulai menyebar. Subyek yang sakit berpotensi menularkan dalam jangka waktu tiga sampai lima hari.

penularan dan gejala

Campak menyebar melalui udara, menyebar dalam tetesan yang dikeluarkan saat batuk, bersin, dari pasien. Itu juga bisa terjadi dengan penularan langsung.

Hari-hari pertama infeksi pasien tidak menunjukkan gejala; Saat itulah virus melakukan kontak pertama dengan darah pasien. Seminggu setelahnya, kira-kira terjadi kontak kedua, dan saat itulah gejala pertama mulai muncul, berupa "pilek"; pilek, demam, batuk, bersin...

Pada hari kesepuluh atau lebih penularan, sistem kekebalan atau "pelindung" pasien mulai bangun, dan saat itulah gejala khas penyakit ini muncul. Mereka adalah sebagai berikut:

' Rupanya gejala catarrhal (batuk, bersin dan apa yang kita kenal sebagai “pilek”).

' Demam yang terkadang bisa mencapai 40 derajat.

' Ruam: Ruam adalah bintik-bintik kemerahan, ruam dengan ciri yang sangat khusus, hilang saat ditekan dengan jari dan muncul kembali saat Anda berhenti menekan [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *