Regalecus glesne, oarfish raksasa

Regalecus glesne, oarfish raksasa
Udo Schröter/CC BY-SA 2.0

Nama yang umum

Giant oarfish, king of herrings, dalam bahasa Inggris, giant oarfish, king of herrings, pacific oarfish, streamer fish, ribbonfish.

Fitur dan deskripsi

Ini dianggap sebagai ikan bertulang terbesar yang ditemukan di Guinness Book of Records. Panjang keseluruhan oarfish raksasa adalah 3 meter. Meski panjang maksimum yang tercatat adalah 11 meter dan beratnya lebih dari 200 kilogram. Ada catatan tidak resmi yang menunjukkan adanya spesimen yang panjangnya bisa lebih besar.

Regalecus glesne memiliki tubuh yang memanjang, padat, dan pipih ke samping, bagian depan lebih tebal daripada bagian belakang. Ia memiliki sirip punggung yang menutupi seluruh tubuhnya dari kepala hingga daerah ekor. Ia memiliki jambul di kepalanya, tepat di depan punggungnya, di mana sinarnya lebih panjang dari sirip itu sendiri. Ia memiliki sepasang sirip perut yang panjang dan sepasang dada yang kecil dan tebal. Ia tidak memiliki gigi atau jika ada, mereka sisa, mulutnya kecil dan sedikit mengarah ke atas.

Warnanya perak dengan bintik-bintik gelap yang menutupi seluruh tubuh, siripnya berwarna merah muda, meskipun ekornya tidak ada pada oarfish raksasa.

Habitat dan adat istiadat

Mereka adalah ikan air asin yang bermigrasi. Diyakini bahwa mereka melakukan perjalanan jauh untuk mencari makanan mereka. Ia berenang di perairan dalam dalam kisaran yang berosilasi antara 20 hingga 1000 m, tetapi kadang-kadang terlihat berenang sangat dekat dengan permukaan, bahkan kisaran rata-rata ditetapkan antara 20 hingga 200 m. Alasan mengapa sering terjadi terdampar tidak diketahui, yang berarti bahwa mereka kadang-kadang diamati di pantai atau dekat pantai, perilaku seperti itu dikaitkan dengan hari-hari kemudian di mana badai yang kuat telah terjadi.

Gerakan berenang Regalecus glesne bisa vertikal dan horizontal, berkat penggerak otot yang dibentuk oleh kompleks septa intermuskular. Ia menggunakan sirip punggungnya untuk dapat bergerak dan bernavigasi di dalam air. Tampaknya ikan soliter, ia bergerak terpisah dari ikan lain dari spesies yang sama dan tampaknya mereka hanya berkelompok selama musim kawin [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *