Aurantiac atau golden mantella

Foto: Ettore Balocchi/CC BY 2.0

Lokasi geografis

Ia hidup di berbagai wilayah geografis Madagaskar.

Deskripsi dan karakteristik

Ini adalah katak berukuran kecil, biasanya berukuran antara tiga hingga empat sentimeter. Pewarnaannya oranye, kuning atau kemerahan. Mata hitam, moncong runcing dan kaki pendek. Ada dimorfisme seksual, jantan lebih kecil dan lebih kurus dari betina.

Pewarnaan aposematik mereka memperingatkan predator akan adanya zat beracun pada kulit anurans ini.

Nama yang umum

Dalam bahasa Inggris spesies ini dikenal dengan nama Golden Mantella.

Kebiasaan dan pemberian makan Golden Mantella

Aktivitas siang hari, kebiasaan terestrial. Mereka dapat dilihat di daerah berhutan dan rawa, kelembaban adalah kunci pelestarian anuran ini. Mereka biasanya ditemukan di daerah berlumut atau di tempat-tempat dengan rerumputan yang melimpah. Mereka hidup dalam komunitas dengan lebih banyak laki-laki daripada perempuan.

Mereka memakan serangga, pada dasarnya rayap, lalat buah, semut, dan artropoda kecil lainnya.

Reproduksi

Beberapa ahli berpendapat bahwa reproduksi terjadi melalui pembuahan internal. Mereka bertelur antara 15 hingga 20 telur di tanah, biasanya di daun semak-semak kecil, kemudian larva dicuci ke dalam air melalui hujan untuk menyimpulkan fase larva dan metamorfosis yang sesuai.

Sekitar dua bulan berudu sudah menjadi katak kecil. Ini mencapai kematangan seksual sekitar satu tahun.

Konservasi

IUCN mencantumkan spesies ini sebagai "Kritis Terancam Punah" karena sangat terancam, terutama karena fakta bahwa jangkauannya kecil dan sangat terfragmentasi. Penghancuran habitat mereka oleh tindakan manusia juga merupakan ancaman besar, terutama penebangan kayu dan pertanian di daerah tempat tinggal spesimen ini.

Hal ini juga termasuk dalam Appendix II CITES, sehingga sangat penting untuk mengontrol perdagangannya untuk kelangsungan hidup hewan-hewan tersebut, terutama dengan mempertimbangkan penurunan populasi yang dialami dalam beberapa tahun terakhir.

Taksonomi Mantella aurantiaca

Kingdom: Animalia, makhluk hidup non-fotosintesis, dengan kemampuan bergerak.
Subkingdom: Eumetazoa, menyajikan jaringan dan organ.
Tepi: Chordata, chordata [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *