Mamalia dari Meksiko, negara dengan keanekaragaman hayati yang besar

Paradais Sphynx/CC BY 2.0

Meksiko adalah salah satu negara dengan konsentrasi keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, terutama karena memiliki 123 jenis vegetasi, dalam garis lintang dengan ekoregion tropis dan sedang. Selain itu, ia memiliki ketinggian dari permukaan laut hingga ketinggian sekitar 5600 meter. Ciri-ciri ini memungkinkan pembentukan dan evolusi berbagai kelompok hewan, mamalia Meksiko menjadi sangat relevan .

Mamalia di Meksiko memposisikan negara tersebut di antara kawasan dengan keanekaragaman hayati taksonomi dan ekologis terbesar di dunia, oleh karena itu saat ini menduduki peringkat ketiga dalam hal keanekaragaman mamalia, hanya dilampaui oleh Brasil dan Indonesia.

Dengan demikian, diperkirakan Meksiko saat ini memiliki 564 spesies mamalia. Sekitar 29 ordo, 154 famili dan 1229 genera diakui di seluruh dunia dalam kelas Mammalia. Di Meksiko, spesies ini dikelompokkan menjadi 13 ordo, 46 famili dan 200 genera, mewakili sekitar 13% dari total keanekaragaman kelompok hewan ini. Demikian pula, sekitar 125 spesies mamalia di Meksiko, yang mewakili lebih dari 22% total spesies di negara itu, berada dalam beberapa kategori terancam, bahkan ada yang dianggap punah.

Di dalam mamalia Meksiko, 30% dari spesies yang terdaftar adalah endemik di negara tersebut. Artinya, dari 564 spesies, sekitar 170 spesies hanya ada di kawasan ini. Diantaranya, tujuh spesies lagomorph menonjol, seperti teporingo ( Romerolagus diazi ), kelinci dari Kepulauan Tres Marías ( Sylvilagus graysoni ), kelinci scrub dari pulau San José ( S. mansuetus ) dan kelinci Omiltemi ( S. insonus ), selain sekitar 112 spesies hewan pengerat, 15 spesies kelelawar, dan 20 soricomorph. Dari endemisme ini, mayoritas terkonsentrasi di hutan beriklim sedang di Sabuk Transvulkanik Meksiko, di barat laut Oaxaca, dan di hutan di barat tengah.

Di antara mamalia Meksiko, hewan darat diperhitungkan, serta spesies akuatik dan semi-akuatik dari berbagai ordo, seperti Cetacea (paus dan lumba-lumba) dan Carnivora (anjing laut dan singa laut).

Mamalia darat Meksiko

Spesies mamalia darat asal Meksiko dikelompokkan menjadi 11 ordo dan 37 famili, termasuk kelelawar (ordo Chiroptera) [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *