Katak Bintik Mediterania (Pelodytes hespericus), cari tahu

Katak Bintik Mediterania, Pelodytes hespericus
David Candel/CC BY-SA 4.0

Katak bintik Mediterania adalah katak kecil yang tampak mencolok dengan kebiasaan terestrial dan nokturnal. Nama ilmiahnya adalah Pelodytes hespericus .

Aktivitasnya sepanjang tahun sebagian diatur oleh musim dingin, musim di mana ia berhibernasi lebih lama di daerah pegunungan. Di sisi lain, pada populasi wilayah pesisir Semenanjung Iberia, periode istirahat ini lebih pendek.

Ini adalah spesies yang menunjukkan ketahanan terhadap suhu rendah, juga mempertahankan tingkat aktivitas tertentu. Oleh karena itu, mereka dapat memulai panas di akhir musim dingin.

Mereka mempertahankan diri dari pemangsa dengan menghalangi mereka dengan bau tertentu. Ini berasal dari sekresi kulit yang muncul saat merasa terancam.

Morfologi katak bintik Mediterania

Katak berbintik Mediterania adalah amfibi kecil. Panjangnya kurang lebih 35 mm untuk jantan dan sekitar 40 mm untuk betina. Pewarnaan punggung pucat, dengan tanda hijau kecil, membentuk pola bertitik. Pewarnaan perut juga terang, tetapi dengan bintik-bintik lebih gelap. Di kepala, matanya yang lebar dengan pupil vertikal terlihat, sedangkan selaput pendengaran hampir tidak terlihat. Tungkai depan sangat panjang dengan kaki setengah jaring.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa tidak ada variasi warna antara jantan atau betina, atau antar populasi dari wilayah geografis yang berbeda.

Ada dimorfisme seksual, dengan betina lebih besar dari jantan. Laki-laki mengembangkan kapalan di kaki belakangnya selama periode kawin.

Distribusi populasi

Katak berbintik Mediterania menghuni sepertiga timur Semenanjung Iberia, kecuali di ujung utara Catalonia. Populasinya meluas ke tenggara Madrid (kenal Madrid), utara Almería dan barat León dan Zamora.

Habitatnya adalah area terbuka seperti sabana atau stepa, dengan area semak mirip dengan tempat semi-kering. Itu juga dapat dilihat pada sistem pegunungan di bawah 1.900 mdpl, kehadirannya lebih sering terjadi di lantai ketinggian di bawah 1.300 mdpl [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *