Katak bintik Iberia atau selatan (Pelodytes ibericus)

Katak Bintik Iberia, Pelodytes ibericus
Godfried Schreur dan Ana Cordero/CC BY-SA 3.0

Pelodytes ibericus ( katak bintik Iberia ) adalah bagian dari keluarga Pelodytidae, endemik di Spanyol. Sangat sering diamati di Cádiz dan Huelva, terutama di pantai dan di dataran rendah. Tetapi ke daerah lain, populasi mereka telah hancur karena hilangnya habitat. Mempertimbangkan bahwa di Andalusia di mana sekitar 90% populasi spesies ini tetap ada, sayangnya dikatakan hampir terancam.

Ini sangat beragam dalam hal warna kulitnya, ini menjadikannya penghindar bahaya yang sempurna. Ia meniru dengan mudah (pelajari lebih lanjut tentang hewan mimetik), selain itu, ia langsung menyerang pemangsanya dengan mengeluarkan racun jika bersentuhan dengan selaput lendirnya. Biasanya lolos dengan mudah dari ancaman, melompat dengan cepat di tanah untuk jatuh ke dasar genangan air, di mana ia hampir tidak terlihat.

Identifikasi katak bintik Iberia

Katak bintik Iberia adalah amfibi anuran kecil yang anggun, dengan panjang total rata-rata 4 cm. Kepala lebar dan kaki pendek. Parotis dan gendang telinganya sulit dibedakan. Pewarnaan punggung sangat bervariasi, cenderung lebih bersahaja. Perutnya cukup ringan, tanpa bintik. Pupilnya vertikal, hitam, dengan iris keemasan, sangat cerah.

Tanda lapangan untuk identifikasi tegasnya adalah tuberkel yang terletak di pangkal jari depannya. Ini meruncing dan menonjol.

Ada dimorfisme seksual yang ditandai dengan pewarnaan tenggorokan jantan saat berahi. Ini berubah menjadi keunguan atau abu-abu tua, dengan kapalan gelap yang khas dari penampilan pernikahannya.

Saat bernyanyi di genangan air dan dataran banjir, kantung vokal membengkak dengan sangat mencolok.

Distribusi dan habitat Pelodytes ibericus

Distribusi katak bintik Iberia

Kodok bintik selatan endemik di selatan Semenanjung Iberia, memusatkan hampir semua populasinya di sebelah barat Andalusia. Itu juga ada di tengah dan tenggara Portugal, di selatan Castilla La Mancha dan di tengah dan di selatan Extremadura [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *