Samaruc, Valencia hispanica, ikan kecil asli Spanyol

Samaruc, Valencia hispanica
Joan Banjo/CC BY-SA 3.0

Samaruc , juga dikenal dengan nama ilmiahnya Valencia hispanica , adalah cyprinodontiform yang berasal dari Semenanjung Iberia, yang wilayah distribusinya terbatas pada sebagian kecil pantai Mediterania di Spanyol. Dalam pengertian ini dan dengan mempertimbangkan proses hilangnya habitat yang progresif, telah dipertimbangkan dengan status bahaya kritis.

Persaingan wilayah dan makanan adalah penyebab lain dari penurunan tajam populasi ikan kecil ini, karena masuknya Gambusia holbrooki , yang jauh lebih rakus dan sukses dalam hal mendapatkan makanan.

Bagaimana mengidentifikasi samaruc

Samaru kecil dan agak memanjang, dengan ukuran rata-rata panjang total 69 milimeter. Warna tubuhnya coklat muda, menurun menjadi rona zaitun di bagian punggung, sedangkan bagian perutnya berwarna keputihan. Di sepanjang paruh kedua bodinya menghadirkan rangkaian palang vertikal dengan warna biru yang mencolok.

Kepalanya relatif kecil, dengan mata besar dan mulut yang panjang. Di belakang mata hingga bagian tengah tubuh terdapat bintik besar berwarna jingga. Sirip perut memiliki tepi kekuningan, seperti ekor, besar, homocerca dan bulat. Sirip dorsal dan dubur terlihat masuk ke dalam caudal peduncle.

Ada dimorfisme seksual pada spesies ini, dengan betina jauh lebih besar, mencapai ukuran panjang standar 73 milimeter. Selain itu, mereka tidak memiliki warna pada sirip dan sisinya.

Di mana samaruc didistribusikan

Distribusi samaruc

Samauc endemik Semenanjung Iberia, menjadi salah satu dari tiga cyprinodontiformes yang asli wilayah Spanyol. Area distribusi geografisnya terbatas hanya pada jalur pantai kecil di Mediterania, dari Catalonia selatan hingga Valencia.

Habitat

Ini adalah spesimen air tawar yang mendiami ekosistem pesisir (lihat jaringan trofik ekosistem hidrik), termasuk muara air yang sedikit payau. Di antara kondisi esensial untuk habitat ikan ini, stabilitas parameter fisikokimia air sangat penting, oleh karena itu sangat rentan terhadap perubahan suhu, pH, dan oksigen terlarut dalam air, antara lain [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *