Sibernetika

Contoh pemikiran sibernetika. Di satu sisi perusahaan didekati sebagai suatu sistem dalam suatu lingkungan. Di sisi lain, pabrik sibernetika dapat dimodelkan sebagai sistem kontrol.

Sibernetika adalah studi interdisipliner tentang struktur sistem yang kompleks, terutama proses komunikasi, mekanisme kontrol, dan prinsip umpan balik. Bidang ini erat kaitannya dengan teori kontrol dan teori sistem. Pada saat yang sama, baik dalam asal-usulnya maupun perkembangannya di paruh kedua abad ke-20, sibernetika sama-sama dapat diterapkan pada sistem sosial (yaitu berbasis bahasa).

Sibernetika selalu dan hanya terlibat ketika sistem di bawah pengawasan berada dalam lingkaran tertutup, di mana tindakan oleh sistem dalam suatu lingkungan menyebabkan beberapa perubahan dalam lingkungan, dan perubahan itu terwujud pada sistem melalui informasi atau umpan balik yang menyebabkan perubahan di jalan. sistem kemudian berperilaku, dengan semua ini melayani tujuan atau sasaran. Hubungan "sebab akibat melingkar" ini adalah kondisi yang diperlukan dan cukup untuk perspektif sibernetika.

Ringkasan

Istilah sibernetika berasal dari bahasa Yunani ÎšÏ…Î²ÎµÏ Î½Î®Ï„Î·Ï‚ ( kybernÄ“tÄ“s , pengemudi, gubernur, pilot, atau kemudi—akar yang sama dengan pemerintah).

Sibernetika adalah bidang studi yang luas, tetapi tujuan utamanya adalah untuk memahami dan mendefinisikan fungsi dan proses sistem yang memiliki tujuan, dan yang berpartisipasi dalam rantai kausal melingkar yang bergerak dari tindakan ke penginderaan ke perbandingan dengan tujuan yang diinginkan, dan lagi ke tindakan. Studi di sibernetika menyediakan sarana untuk memeriksa desain dan fungsi sistem apa pun, termasuk sistem sosial seperti manajemen bisnis dan pembelajaran organisasi, termasuk untuk tujuan membuatnya lebih efisien dan efektif.

Sibernetika didefinisikan oleh Norbert Wiener, dalam bukunya yang berjudul itu, sebagai studi tentang kontrol dan komunikasi pada hewan dan mesin [...]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *