Salmonellosis (Salmonella), Cara Penyebabnya dan Cara Penularannya

/CC BY 2.0

Salmonellosis adalah nama yang diberikan untuk berbagai penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri dari genus Salmonella. Penyakitnya sangat bervariasi, karena tergantung pada spesies dan lokasi infeksinya, akan ada namanya.

Misalnya, dapat menyebabkan gastroenteritis yang disebabkan oleh serovar Salmonella enterica subspesies Enteritidis , demam tifoid yang disebabkan oleh serovar Salmonella enterica Enterica Typhi , septikemia, dan infeksi invasif (extraintestinal) yang disebabkan oleh serovar Salmonella enterica .

Sebagian besar Salmonella berhubungan dengan saluran pencernaan hewan, oleh karena itu infeksi Salmonella dianggap sebagai zoonosis tipe makanan, karena manusia terinfeksi melalui kontak dengan hewan (sapi, babi, ayam) dan mengonsumsi produk mereka. produk, seperti susu, daging dan telur.

Salmonellosis adalah masalah serius di seluruh dunia, karena menurut Organisasi Kesehatan Dunia itu adalah penyebab lebih dari seratus ribu kematian setiap tahunnya di seluruh dunia.

taksonomi

Genus Salmonella mendapatkan namanya dari Latinisasi nama keluarga dokter hewan yang menemukan genus bakteri pada tahun 1884, yang bernama David Elmer Salmon.

Tiga spesies diketahui ada saat ini dan S. enterica , S. bongori dan S. subterranea . Sekarang, yang pertama adalah yang dikaitkan dengan penyakit pada manusia dan menghadirkan banyak varian atau serotipe.

Untuk bagiannya, S. bongori telah ditemukan di lingkungan dan saluran pencernaan hewan berdarah dingin, sedangkan S. subterranean adalah spesies lingkungan.

Di antara serotipe S. enterica adalah: I enterica; salam II; IIIa arizonae; IIIb diarizonae; IV houtenae dan VI indica.

Patogen yang menyebabkan salmonellosis pada manusia ditemukan pada enteric serotype I dan tercatat sebanyak 2.579 serovar.

Karena kerumitan klasifikasi, nama yang sangat panjang dihasilkan, jadi dalam hal ini ada dua cara untuk merujuknya. Salah satunya adalah bentuk panjang dan yang lainnya adalah bentuk pendek, yang terakhir paling banyak digunakan.

Contoh untuk memberi nama Salmonella enterica subspesies enterica serovar Enteritidis , bisa dibilang Salmonella enteritidis [...]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *