Tokek biasa, Tarentola mauritanica

Tokek biasa, Tarentola mauritanica,

Fitur dan deskripsi

Tokek biasa , Tarentola mauritanica , adalah spesies reptil dalam famili Phyllodactylidae. Saat ini, 3 subspesies dikenali untuk hewan ini, tetapi masih ada kekurangan penelitian untuk membuat klasifikasi ini layak.

Demikian pula, dalam klasifikasi tradisional, spesies ini termasuk dalam keluarga tokek (Gekkonidae), seperti halnya spesies tokek lainnya. Saat ini mereka telah dibagi atau dikelompokkan menjadi beberapa keluarga.

Spesies tokek ini merupakan yang terbesar di benua Eropa dengan panjang rostrum-ventilasi 4,5 hingga 8,5 cm. Ekornya bisa mencapai panjang yang sama dengan bagian tubuh lainnya. Jantan dapat memiliki berat sekitar 12 g dan betina 9 g.

Mereka memiliki kepala dan tubuh yang rata, yang disesuaikan dengan gaya hidup memanjat hewan ini. Pada jari-jarinya mereka memiliki bantalan hisap dan bulu mikroskopis yang memungkinkan tokek biasa memanjat permukaan datar. Kulitnya ditutupi oleh tuberkel dan bisa berwarna coklat, abu-abu atau krem muda. Perutnya berwarna putih atau kuning pucat dengan garis-garis lebih gelap yang lebih terlihat di bagian ekor. Mereka memiliki kemampuan untuk sedikit mengubah warna punggungnya untuk berbaur dengan lingkungannya. Mata berwarna abu-abu dengan pupil seperti celah vertikal.

Distribusi dan habitat Di mana tokek biasa tinggal?

Tokek biasa banyak ditemukan dari Afrika Utara di pantai Mediterania, di seluruh Semenanjung Iberia hingga pantai Italia dan Yunani. Dari Mesir meluas ke Maroko dan Sahara Barat.

Ekosistem alami Tarentola mauritanica adalah pantai yang kering dan panas, meskipun dapat meluas sedikit ke daratan. Habitat yang disukai termasuk tebing, ngarai, dan terkadang dapat ditemukan di pepohonan. Itu juga mudah terlihat di dinding bangunan perkotaan, bahkan di dalam rumah.

Saat musim hangat mereka lebih aktif di pagi hari, namun di musim panas mereka aktif di sore dan malam hari. Mereka adalah reptil teritorial yang memonopoli tanah mereka seumur hidup dan dipertahankan dari kerabat yang mengganggu [...]