Oktober di Krakow: Cuaca, Yang Harus Dikemas, dan Yang Harus Dilihat

Musim gugur adalah waktu yang menyenangkan untuk mengunjungi Krakow—kota terbesar kedua dan salah satu kota tertua di Polandia—dengan banyak festival, acara, dan aktivitas untuk menghibur turis dan penduduk. Meskipun Oktober bisa menjadi dingin, masih jauh sebelum musim dingin yang menusuk tulang tiba, menjadikannya waktu yang tepat untuk menjelajahi kota dengan berjalan kaki, mengunjungi museum lokal, dan menikmati makanan santai di teras di salah satu dari banyak restoran di Krakow .

Oktober adalah musim sepi untuk berwisata di Polandia, sehingga wisatawan biasanya dapat menemukan penawaran terbaik untuk tiket pesawat dan hotel. Sebagai keuntungan tambahan, perkirakan lebih sedikit keramaian dan antrean pendek di tempat-tempat lokal yang wajib dikunjungi, seperti Gereja St. Mary atau Kastil Wawel.

Cuaca Krakow di bulan Oktober

Secara keseluruhan, Krakow mengalami suhu sedang dan hari-hari hangat yang nyaman di bulan Oktober, meskipun ini juga merupakan bulan ketika cuaca berubah dengan cepat. Berkunjunglah di awal bulan dan kemungkinan besar Anda akan menghadapi hari-hari musim panas yang memudar, sedangkan Anda lebih mungkin mengalami permulaan musim dingin jika Anda tiba menjelang akhir bulan.

  • Tinggi rata-rata: 57 derajat Fahrenheit (14 derajat Celcius)
  • Rata-rata rendah: 40 derajat Fahrenheit (4 derajat Celcius)

Sepanjang bulan Oktober, Krakow melihat rata-rata sekitar delapan hari hujan. Suhu malam hari bisa mencapai titik beku dan salju mungkin terjadi—terutama di akhir bulan—tetapi kemungkinannya kecil sampai akhir tahun. Hari-hari mendung biasa terjadi di Krakow, yang dapat membuat jalan-jalan di sekitar kota menjadi lebih dingin.

Jam siang juga berkurang dengan cepat sepanjang bulan Oktober, dengan dua jam lebih gelap pada tanggal 31 Oktober dibandingkan dengan 1 Oktober. Setelah perubahan waktu pada hari Minggu terakhir bulan Oktober, matahari terbenam sedikit setelah pukul 16:00, jadi pastikan untuk rencanakan kegiatan di luar ruangan yang sesuai.

Apa yang harus Dikemas

Awal musim gugur di Krakow adalah salah satu waktu terbaik dalam setahun untuk mengunjungi kota Polandia ini, tetapi Anda harus ingat bahwa suhu berfluktuasi antara agak sejuk hingga dingin dengan suhu yang turun selama sebulan. Alhasil, Anda harus ingat untuk mengemas pakaian yang bisa berlapis untuk menyesuaikan dengan cuaca yang berubah.

Jaket dan sweter serbaguna adalah item penting dalam setiap perjalanan ke Polandia pada bulan Oktober, dan jangan lupakan setidaknya satu mantel tebal hanya untuk hari-hari yang sangat dingin (dan bahkan malam yang lebih dingin). Karena ruang bagasi biasanya menjadi masalah dengan perjalanan internasional, Anda pasti ingin memilih item yang dapat dipadupadankan baik untuk gaya maupun kenyamanan dengan kesejukan musim gugur yang segar.

Acara Oktober di Krakow

Baik Anda penggemar sastra atau teater, barang antik atau barang koleksi, sejarah atau seni, ada banyak acara khusus yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi kota Krakow.

  • Festiwal 7XGospel: Untuk pecinta musik, ada Festival 7XGospel tahunan, perayaan pertunjukan keagamaan yang terinspirasi dari Afrika-Amerika Polandia, yang berlangsung dari 19-25 Oktober 2020.
  • Unsound Festival: Didirikan pada tahun 2003, acara budaya ini menampilkan musik dari dan sekitar Polandia dan menampilkan bincang-bincang, lokakarya, instalasi seni, pemutaran film, dan pesta penutupan. Unsound 2020 berlangsung di sekitar Krakow mulai 1–11 Oktober.
  • Pameran Buku Internasional: Para penulis terbaik dari seluruh Polandia—ditambah beberapa penulis terkemuka dari seluruh dunia—berangkat ke Krakow setiap tahun pada bulan Oktober untuk festival sastra besar-besaran ini. Pameran Buku Internasional 2020 di Krakow dibatalkan.

Tip Perjalanan Oktober

  • Tempat terbaik untuk berada di hari Minggu di bulan Oktober adalah pasar loak luar ruangan Minggu yang legendaris Plac Targowy di Hala Targowa (Balai Pasar) setempat. Pasar terbuka yang luas ini menampilkan beberapa barang antik terbaik bersama dengan segala sesuatu mulai dari piringan hitam dan kaset VHS hingga memorabilia perang dan suvenir tchotchkes.
  • Orang Polandia memundurkan jam mereka satu jam pada hari Minggu terakhir di bulan Oktober—bersama dengan sebagian besar Eropa—jadi pastikan untuk menyesuaikan jam tangan Anda.
  • Musim gugur adalah musim jamur, yang juga merupakan salah satu bahan yang paling disukai dalam masakan Polandia. Cobalah hidangan khas seperti placki ziemniaczane , panekuk kentang dengan jamur matang, atau goÅ‚Ä…bki , gulungan kol berisi daging dan dilumuri saus jamur.
  • Untuk malam-malam yang dingin ketika terlalu dingin untuk berjalan, tanyakan hotel Anda nomor perusahaan taksi terkemuka atau gunakan ponsel Anda untuk memesan Uber.

Related Posts