Cara menyembunyikan folder dan file di Linux menggunakan file teks

Jika Anda memiliki banyak folder dan file untuk disembunyikan di Linux maka kita dapat melakukannya hanya dengan menggunakan file teks, di sini kita akan tahu caranya?

Nah, kita bisa menyembunyikan folder dan file di Linux menggunakan metode tradisional yaitu menambahkan titik di depan namanya. Misalnya, jika Anda mengganti nama folder “Documents” menjadi “.Documents”, folder itu akan hilang dari tampilan. Sama seperti jika Anda melakukannya dengan jenis file lain, itu akan disembunyikan.

Selain itu, metode ini adalah default di semua Linux untuk menyembunyikan folder dan file konfigurasi. Untuk melihat item yang disembunyikan user dapat menggunakan kombinasi tombol ” Ctrl + H ” dan sama untuk menyembunyikannya kembali.

Namun, alih-alih melakukan itu, kita dapat dengan mudah menyembunyikan banyak file dan direktori hanya dengan menambahkan namanya dalam file. Karena ada banyak folder yang dibuat oleh kita atau beberapa program di direktori home kita dan jika Anda tidak mengaksesnya secara teratur dan ingin membuat direktori Anda terlihat lebih bersih, inilah cara sederhana.

Cara menyembunyikan folder dan file Linux tanpa titik

Langkah 1: Di folder tempat Anda ingin menyembunyikan folder atau file lain, buat file teks biasa dengan nama “.hidden” (ini disertai titik tetapi tanpa tanda kutip). Anda juga dapat menggunakan terminal jika Anda mau.

Langkah 2: Tulis nama folder atau file yang ingin Anda sembunyikan di file.hidden yang telah Anda buat. Setiap baris hanya boleh memiliki satu item.

Langkah 3: Setelah selesai, simpan file dan tekan tombol ” F5 ” untuk menyegarkan item folder.

Langkah 4: File yang Anda sebutkan di. file tersembunyi akan secara otomatis disembunyikan. Untuk melihatnya, Anda dapat melihat Ctrl+H, dan hal yang sama untuk menyembunyikannya lagi…

Sembunyikan file dan folder di Linux Ubuntu

Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah dan instan menyembunyikan file dan folder di sistem operasi Linux. Saya telah mencobanya di Ubuntu 20.04 Gnome, namun, ini akan berfungsi untuk lingkungan desktop lain juga. Cobalah.

Related Posts

© 2023 News Fiqihislam