Cara memutakhirkan Linux Mint 19.3 (Tricia) ke Mint 20.1 (Ulyssa)

Apakah Anda berencana untuk memutakhirkan PC atau Laptop Linux Mint 19.3 (Tricia) yang ada ke Linux Mint 20.1 Ulyssa, kemudian ikuti langkah-langkah sederhana yang diberikan dalam tutorial…

Linux Mint adalah salah satu distro populer di kalangan user yang menginginkan sistem operasi mirip Windows tetapi dengan keunggulan Linux dan interface yang ramah user. Karena Mint adalah turunan Ubuntu, maka kita tidak hanya memiliki akses ke sejumlah besar paket untuk diinstal tetapi juga stabilitas.

Proses upgrade Mint sangat mudah, kita bisa menggunakan GUI atau perintah untuk melakukannya. Namun, dalam artikel ini, kita akan menunjukkan kepada Anda cara meningkatkan dari Tricia (19.3) ke Ulyssa (20.1) menggunakan CLI, jadi pertama-tama Anda harus memastikan bahwa Mint 19.3 Anda yang ada adalah 64-bit karena 20.1 tidak mendukung 32 -sedikit.

Untuk melakukan itu cukup ketik perintah terminal-

dpkg –print-architecture

Dan hasilnya akan dengan jelas memberi tahu Anda arsitektur apa yang digunakan PC Anda saat iniā€¦

Catatan : baru Linux Mint 20 hanya tersedia sebagai versi 64-bit – mereka yang masih menggunakan versi 32-bit tidak bisa meng-upgrade, maka harus melakukan instalasi segar untuk mendapatkannya. Untuk semua orang, prosesnya cukup mudah karena Mint memiliki alat pemutakhiran sendiri.

Buat cadangan atau snapshot dari Linux Mint 19.3

Saya yakin Anda tidak ingin kehilangan data Anda jika terjadi error saat memutakhirkan 19.3 Mint OS Anda ke 20.1, sehingga merupakan ide bagus untuk membuat snapshot untuk status OS Anda saat ini. Dan jika terjadi error, kita dapat menggunakannya untuk memulihkannya.

Untuk Snapshot, kita akan menggunakan alat TimeShift.

sudo apt install timeshift

Sekarang, klik tombol mulai Linux Mint dan dari aplikasi cari Timeshift, saat ikon muncul, klik untuk menjalankannya.

Instal Timeshift Mint

Biarkan pengaturan default dipilih dan ikuti wizard untuk memilih tujuan (merekomendasikan memilih drive eksternal atau internal dengan partisi Linux) untuk menyimpan Snapshots. Kemudian dari interfacenya, klik tombol Buat untuk mulai membuat SNAPSHOT.

Pilih lokasi untuk menyimpan Timeshift SNapshot buat Snapshot Linux Mint menggunakan Timeshift

Bersihkan PPA dan repositori pihak ketiga

Mint sendiri merekomendasikan untuk menghapus sumber paket yang telah diatur secara manual oleh pihak ketiga sebelum peningkatan, karena dapat menimbulkan beberapa masalah.

sudo mint update

Jadi, buka program sumber paket aplikasi menggunakan perintah di atas, klik Edit, pilih Sumber perangkat lunak, dan nonaktifkan sumber perangkat lunak pihak ketiga di bawah Sumber paket tambahan dan PPA (arsip paket pribadi).

Jalankan Pembaruan Sistem

Sebelum melakukan apa pun, saya akan merekomendasikan menjalankan pembaruan sistem dan perintah peningkatan. Ini tidak hanya akan menyegarkan repositori tetapi juga memastikan semua paket dalam keadaan terbaru.

sudo apt-get update sudo apt-get upgrade sudo apt-get dist-upgrade

Instal Alat Peningkatan Linux Mint

Pengembang Mint menawarkan metode peningkatan yang mudah menggunakan alat MintUpgrade. Dan di sini kita menggunakan hal yang sama. Namun secara default, itu tidak akan ada di sistem Anda, jadi instal.

sudo apt install mintupgrade

Periksa Konfigurasi Peningkatan untuk Mint 20.1

Untuk memeriksa semua konfigurasi dan hal-hal yang kita perlukan untuk meningkatkan ke Limutx 19.3 ke 20.1 berada di satu tempat dan untuk sementara mengarahkan repositori sistem ke Mint 20.1 Ulyssa, kita menjalankan simulasi peningkatan menggunakan alat yang telah kita instal pada langkah sebelumnya.

cek mintupgrade

Unduh file pemutakhiran Linux Mint 20.1

Setelah kita mengarahkan repositori OS kita ke yang terbaru, langkah selanjutnya adalah mengunduh file dan paket yang diperlukan yang kita perlukan untuk memutakhirkan OS Mint kita.

download mintupgrade

Instal 20.1 Peningkatan di Linux Mint 19.3

Terakhir, instal file yang didownload, yang secara otomatis akan mengubah versi semua paket yang diinstal termasuk OS dengan menggantinya dengan versi dan fitur yang lebih baru.

peningkatan mint

Dan setelah proses di atas selesai, jalankan update & upgrade lagi

sudo apt update sudo apt upgrade

Atau, jika Anda mau maka dapat menggunakan GUI juga untuk proses di atas, ketik-

sudo mint update

Pilih Edit dan kemudian opsi “Tingkatkan ke Linux Mint 20.1 Ulyssa”. Itu dia.

GUI untuk memutakhirkan Mint 19.3 ke Linux Mint 20.1 Ulyssa min

Menyalakan ulang

Terakhir, restart PC Anda dan biarkan PC menerapkan perubahan.

Untuk memeriksa versi, di command terminal jalankan:

cat /etc/os-release

Tingkatkan Linux Mint 19.3 ke 20.1

Video tutorial

Related Posts

© 2023 News Fiqihislam