Cara Bepergian Secara Berkelanjutan dengan Anggaran

Saatnya memikirkan kembali perjalanan dengan langkah yang lebih ringan, itulah sebabnya TripSavvy bermitra dengan Treehugger, situs keberlanjutan modern yang menjangkau lebih dari 120 juta pembaca setiap tahun, untuk mengidentifikasi orang, tempat, dan hal-hal yang memimpin biaya dalam perjalanan ramah lingkungan. Lihat Best of Green Awards 2021 untuk Perjalanan Berkelanjutan di sini.

Ketika istilah “pariwisata berkelanjutan” pertama kali mulai beredar di sekitar komunitas perjalanan, entah bagaimana muncul mitos bahwa berkelanjutan juga berarti mahal. Benar, ada banyak pondok ekowisata mewah yang tersebar di seluruh dunia yang menjanjikan akomodasi ramah lingkungan dan tur berdampak rendah, tetapi itu hanyalah puncak gunung es. Perjalanan berkelanjutan adalah tentang membangun keseimbangan antara aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi pariwisata. Itu berarti menyoroti pengalaman lokal, mendukung tujuan yang melindungi lingkungan, meminimalkan limbah, memperluas pembangunan ekonomi di masyarakat yang paling terpengaruh oleh pariwisata, dan melestarikan sumber daya.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, perjalanan berkelanjutan tidak harus identik dengan kemewahan; pada kenyataannya, bepergian secara berkelanjutan seringkali lebih murah. Mendukung ekonomi tuan rumah Anda dapat memberikan pengalaman yang jauh lebih kaya dan menyediakan lapangan kerja jangka panjang bagi penduduk setempat, sambil menghemat sumber daya ekologis memastikan lebih banyak pelancong dapat menikmatinya di masa depan. Plus, pendekatan perjalanan berkelanjutan dapat diterapkan hampir di mana saja, apakah Anda bepergian ke seluruh dunia atau di ujung jalan. Berikut adalah 10 cara sederhana untuk menghemat uang dan mempraktikkan perjalanan berkelanjutan.

Pilih Akomodasi Milik Lokal

Dengan sedikit pengecualian, resor kelas atas hampir selalu lebih mahal dan cenderung lebih boros. Alih-alih, masukkan uang Anda langsung ke kantong lokal dengan memesan kamar di dalam akomodasi milik keluarga yang lebih kecil seperti B&B atau bahkan bumi perkemahan. Jangan takut untuk melihat ke hostel, yang kemungkinan besar dimiliki oleh penduduk setempat dan di mana Anda cenderung tidak akan dipaksa untuk mengeluarkan uang untuk biaya resor yang mahal. Sama seperti Anda harus melakukan penelitian tentang keamanan dan kualitas hostel atau akomodasi lokal sebelumnya, luangkan waktu untuk melihat strategi pariwisata yang bertanggung jawab juga.

Berbelanja di Pasar Petani

Pasar petani lokal adalah impian wisatawan yang berkelanjutan. Dalam satu tempat, Anda mendukung pertanian keluarga dan ekonomi lokal, makan lebih sehat, dan sering kali menghemat uang pada saat yang bersamaan. Salah satu manfaat tidak langsung membeli di pasar petani datang dalam bentuk perlindungan lingkungan karena mengangkut makanan jarak jauh menghasilkan lebih banyak CO2. Saat Anda membeli bahan sendiri di pasar petani untuk membuat beberapa makanan, Anda menghemat banyak uang dengan tidak makan di luar.

Pilih Angkutan Umum Daripada Sewa Mobil

Penyewaan mobil merupakan salah satu pengeluaran terbesar selama liburan, dan biaya meja penyewaan mobil bandara sejauh ini adalah yang terburuk. Atasi biaya tersembunyi dan biaya asuransi itu, dan Anda melihat potongan yang lumayan besar yang diambil dari anggaran perjalanan Anda. Memang ada tempat-tempat yang memerlukan penyewaan mobil, tetapi pelancong yang ramah lingkungan harus selalu mencari peluang untuk menyelamatkan polusi dengan menggunakan transportasi umum, persewaan sepeda, atau berjalan kaki daripada mengemudi. Pilihan lain adalah menyewa mobil hanya untuk sebagian perjalanan Anda untuk menghemat uang, bahan bakar, dan biaya parkir. Lakukan riset sebelumnya tentang transportasi umum tujuan Anda dan cara berkeliling agar Anda siap.

Bepergian Selama Musim Bahu

Kita semua pernah mendengar tentang musim ramai dan musim sepi ketika datang ke tujuan perjalanan, tapi bagaimana dengan waktu di antaranya? Ternyata, musim pundak setelah waktu tersibuk dalam setahun dan sebelum waktu paling lambat memiliki banyak manfaat tersembunyi. Musim sepi tujuan biasanya bertepatan dengan cuaca terburuknya sementara musim sibuk membawa banyak orang dan selanjutnya harga lebih tinggi untuk memenuhi permintaan. Musim bahu memberi wisatawan yang terbaik dari kedua dunia karena cuaca sering kali tidak sepenuhnya berubah dan organisasi mulai menawarkan penawaran yang lebih baik. Berbicara secara ekonomi, Anda akan menghemat uang sambil mendukung perusahaan lokal selama waktu yang kurang menguntungkan dalam setahun dan tidak menambah kepadatan atau sumber daya yang tegang selama musim sibuk.

Memilih Keluar dari Terbang

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), perjalanan udara menyumbang tiga persen dari seluruh emisi gas rumah kaca global dan diperkirakan akan tumbuh seiring dengan pulih dan berkembangnya industri pariwisata. Pilih moda transportasi lain selain terbang jika memungkinkan, seperti kereta api atau bus untuk pergi dari titik A ke titik B. Terutama di tempat-tempat seperti Eropa dengan sistem kereta api yang terorganisir dengan baik, bepergian dengan kereta api hampir selalu lebih murah (dan jauh lebih menyenangkan) daripada terbang. Jika hati Anda tertuju pada tempat yang hanya dapat diakses dengan pesawat, pertimbangkan untuk membeli penyeimbang karbon untuk mengurangi emisi di tempat lain. Apa pun transportasi yang Anda pilih, usahakan mengemas seringan mungkin untuk menghindari biaya bagasi dan meringankan beban.

Mendukung Kawasan Pelestarian Alam

Taman nasional dan cagar alam memiliki begitu banyak manfaat berkelanjutan. Selain menawarkan atraksi berdampak rendah yang meminimalkan efek negatif terhadap lingkungan, tiket masuk ke kawasan konservasi alam tidak mahal (dan banyak yang menawarkan paket tiket masuk tahunan). Dengan membayar biaya masuk, Anda mendukung upaya konservasi organisasi dan berperan dalam perlindungan berkelanjutannya. Untuk hewan, pastikan untuk memilih suaka margasatwa resmi yang bekerja untuk menyelamatkan, merehabilitasi, dan melepaskan kembali satwa liar ke alam liar. Untuk kebun binatang dan akuarium, periksa apakah mereka diakreditasi oleh Asosiasi Kebun Binatang & Akuarium.

Mengunjungi museum

Museum memiliki peran penting dalam warisan dan sejarah destinasi, sehingga sering kali disponsori oleh hibah pemerintah atau sumbangan pribadi untuk membantu menjaga agar biaya masuk tetap rendah atau gratis. Menambahkan museum ke rencana perjalanan Anda mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang budaya destinasi tersebut dan mendukung pekerjaan lokal. Demikian pula, ada banyak sekali agen pariwisata yang menyelenggarakan demonstrasi budaya dengan biaya murah atau gratis, membantu mendorong pelestarian budaya dan memberikan dukungan kepada artis lokal.

Tetap di Tempat yang Sama Lebih Lama

Perjalanan lambat mengacu pada saat pengunjung menghabiskan lebih banyak waktu di satu tujuan, daripada melompat dari satu tempat ke tempat lain secepat mungkin. Opsi terakhir mungkin berarti memeriksa lebih banyak objek wisata yang harus dilihat dari daftar keinginan Anda, tetapi itu mungkin tidak memberikan pengalaman perjalanan yang memuaskan. Seringkali, ketika pelancong fokus untuk melihat sebanyak mungkin dalam waktu singkat, hal itu dapat menyebabkan overtourism dan kepadatan di tujuan wisata populer. Mereka pada akhirnya dapat menghabiskan uang ekstra untuk transportasi dan akhirnya mendukung perusahaan rantai multinasional untuk menghemat waktu. Di sisi lain, pelancong yang tinggal di tempat yang sama lebih cenderung menjelajah di luar tempat padat turis yang ramai dan menjelajahi bisnis lokal yang lebih kecil, menginvestasikan kembali uangnya ke masyarakat.

Tetap Dekat dengan Rumah

Pertimbangkan untuk lebih dekat ke rumah untuk petualangan perjalanan Anda berikutnya, karena perjalanan domestik menghasilkan emisi yang lebih rendah daripada internasional. Selain itu, perjalanan internasional itu mahal, sedemikian rupa sehingga kami biasanya menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk merencanakan dan menabung untuk itu. Alih-alih, kunjungi kota kecil terdekat atau objek wisata lokal yang selalu ingin Anda lihat; sungguh menakjubkan harta lokal yang kami abaikan demi perjalanan internasional yang besar. Itu terjangkau, memakan waktu lebih sedikit, mendukung komunitas tetangga, dan tidak memerlukan paspor atau visa mahal. Mungkin yang terbaik dari semuanya, Anda mungkin menemukan permata tersembunyi baru.

Jangan Lupakan Barang Dapat Digunakan Kembali Anda

Pelancong reguler mana pun akan memberi tahu Anda bahwa mereka terpaksa membeli sebotol air seharga $5 di bandara pada satu titik atau lainnya. Botol air yang dapat digunakan kembali, cangkir kopi, peralatan portabel, dan tas jinjing kain berguna saat berbelanja atau makan di luar sambil juga menyelamatkan Anda dari barang sekali pakai yang mahal saat bepergian. Membeli wadah berukuran perjalanan yang dapat diisi ulang dan dapat digunakan kembali untuk kosmetik, produk kecantikan, dan kebutuhan kamar mandi juga merupakan investasi yang bagus untuk pelancong yang ramah lingkungan. Plus, Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk botol sekali pakai ukuran sekali pakai yang berkontribusi terhadap polusi plastik.

Related Posts

© 2023 News Fiqihislam