Bagaimana Merencanakan Pesta Tahun Baru Imlek

Menyusun pesta Tahun Baru Imlek itu menyenangkan, berbudaya, dan unik. Anggap itu alasan yang bagus untuk mengumpulkan teman di bulan Januari atau Februari untuk sesuatu yang mendidik dan menyenangkan!

Hampir semua orang pernah mendengar tentang Tahun Baru Imlek, lebih tepatnya disebut sebagai Tahun Baru Imlek. Liburan adalah yang paling banyak dirayakan di dunia, tetapi tidak banyak orang Barat yang yakin bagaimana cara merencanakan pesta.

Jika Anda tidak akan pergi ke salah satu dari banyak perayaan Tahun Baru Imlek di seluruh dunia, pertimbangkan untuk mengatur pertemuan kecil Anda sendiri untuk mengamati Tahun Baru Imlek dan mengantarkan keberuntungan! Teman-teman akan menghargai kesempatan untuk berkumpul dan mempelajari sesuatu yang baru setelah Natal dan NYE berlalu.

twomeows / Getty Images

Mengirim Undangan untuk Pesta Tahun Baru Imlek Anda

Undangan pengiriman mungkin terasa agak formal, tetapi itu membangun kegembiraan dan keaslian. Anda dapat membeli atau mencetak beberapa yang asli dari situs online, lalu mengirimkannya sebagai kartu pos atau dalam amplop yang dihias. Bagi orang Amerika, perangko Tahun Baru Imlek USPS akan menambah bakat yang bagus. Anda dapat menemukannya untuk dijual di kantor pos atau di situs web toko USPS.

Apakah Anda mengundang tamu melalui surat biasa atau media sosial, Anda harus menyertakan beberapa saran dan instruksi dasar dalam undangan. Banyak peserta mungkin tidak tahu apa yang dimaksud dengan pesta Tahun Baru Imlek.

Percantik email atau undangan Facebook dengan tautan ke artikel informatif dan foto tradisi Tahun Baru Imlek seperti barongsai. Jelaskan makna dan alasan merayakan Tahun Baru Imlek: keluar dengan yang lama dan masuk dengan keberuntungan sebanyak mungkin. Siapa pun yang telah melepaskan resolusi NYE mungkin akan menghargainya!

Anda harus memperingatkan tamu Anda tentang mengenakan warna putih atau hitam – warna berkabung tradisional. Emas memang bagus, tetapi warna merah adalah warna terbaik untuk dikenakan pada Tahun Baru Imlek.

Anda dapat menyarankan agar para tamu membawa hadiah kecil dalam amplop merah – idealnya uang tunai atau kartu hadiah dalam jumlah kecil – bersama dengan permen untuk ditukarkan. Dikenal sebagai hong bao , ini sangat penting jika ada anak yang akan hadir.

Jika tamu bertanya tentang membawa makanan, sarankan mereka untuk membawa makanan ringan sederhana yang sering dinikmati saat Tahun Baru Imlek. Sekantong jeruk Mandarin akan bekerja dalam keadaan darurat.

Kiat: Pertahankan instruksi Anda dalam undangan sederhana, atau orang mungkin mulai menganggap pesta Anda terlalu merepotkan!

Gambar ViewStock / Getty

Apa yang Harus Dipakai untuk Tahun Baru Imlek

Membeli pakaian baru atau mengenakan pakaian yang belum pernah dipakai sebelumnya adalah kebiasaan yang biasa dilakukan saat Tahun Baru Imlek.

Hindari mengenakan pakaian hitam atau putih pada Tahun Baru Imlek; keduanya adalah warna yang secara tradisional dipakai untuk berkabung dalam budaya Tionghoa. Warna abu-abu, pucat, dan arang juga termasuk dalam kategori ini. Sebaliknya, pilihlah warna merah, emas, atau cerah jika memungkinkan.

Jika Anda tidak memiliki pakaian yang cocok, Anda tetap dapat menghormati tradisi dengan mengenakan aksesori berwarna merah; syal merah adalah pilihan populer.

Mengenakan warna merah tidak ada hubungannya dengan kecenderungan politik China saat ini. Kebiasaan tanggal kembali selama berabad-abad. Mitologi mempertahankan Nian , binatang buas yang keluar pada Tahun Baru Imlek untuk menyerang orang, takut pada warna merah dan suara keras – itulah sebabnya petasan dilemparkan dan simbol dihancurkan selama perayaan. Teori lain menyatakan merah adalah warna keberuntungan karena kata merah ( hóng ) terdengar mirip dengan salah satu kata yang digunakan untuk sejahtera.

Setiap pemotongan yang dilakukan selama Tahun Baru Imlek dianggap membawa sial. Anda harus memotong kuku, mencukur, dan memotong rambut sebelum liburan jika perlu.

Jika Anda benar-benar ingin mengikuti takhayul, mencuci rambut di Tahun Baru Imlek dianggap berisiko karena dapat menghilangkan keberuntungan baru yang menumpuk.

Gambar BJI / Blue Jean / Getty Images

Makanan untuk Pesta Tahun Baru Imlek

Anda memiliki tiga pilihan untuk mengatur makanan Tahun Baru Imlek Anda: siapkan semuanya sendiri, dapatkan apa yang Anda bisa dari supermarket Asia, atau pilih untuk membiarkan restoran Cina menyiapkan semuanya. Jika Anda memutuskan untuk membiarkan restoran mengurus makanan, pesanlah beberapa hari sebelumnya: restoran di tempat-tempat dengan populasi Cina yang besar akan dibanjiri pesanan.

Jangan sembarangan memilih makanan. Bahkan hingga camilan terkecil, sebagian besar makanan yang disajikan pada Tahun Baru Imlek bersifat simbolis dan memiliki tradisi berabad-abad di belakangnya:

  • Mulailah dengan sup bening. Sup pangsit klasik yang familiar adalah pilihan yang mudah.
  • Pangsit isian ( jiaotzi ) adalah suatu keharusan. Jika Anda tidak dapat melipatnya dari awal, dapatkan kotak besar dari restoran atau beli beku dari Trader Joe’s.
  • Mie harus disajikan dan dimakan, dipotong jika memungkinkan. Panjangnya melambangkan umur panjang.
  • Hidangan ikan harus ada dan tidak boleh habis seluruhnya. Untuk tradisi, pilihlah ikan utuh dengan kepala dan ekor yang masih menempel; dikukus sangat ideal. Ikan melambangkan kelimpahan dan kemakmuran. Jika menurut Anda semua orang akan mual tentang kepala, singkirkan sebelum hari besar. Tidak ada pemotongan selama Tahun Baru Imlek, ingat?
  • Lumpia mewakili kekayaan. Sekali lagi, ini bisa dibeli beku atau dari restoran lokal.
  • Kata selada dalam bahasa Kanton terdengar seperti keberuntungan yang meningkat, jadi bungkus selada adalah pilihan yang baik dan sehat.
  • Jeruk Mandarin populer karena berbagai alasan. Pir dianggap sial.

Jika makan malam untuk pesta Tahun Baru Imlek Anda akan menjadi jenis duduk, mengetahui beberapa dasar tentang tata krama meja makan Cina akan membuat percakapan yang menarik dan mendidik.

Gambar Yaorusheng / Getty

Dekorasi untuk Pesta

Bersihkan rumah secara menyeluruh dan singkirkan segala kekacauan. Idenya adalah untuk membuat ruang sebanyak mungkin untuk keberuntungan yang masuk.

Menurut takhayul, Anda tidak ingin secara tidak sengaja menyapu atau menghilangkan keberuntungan baru yang datang selama festival; hindari pembersihan selama 15 hari Tahun Baru Imlek. Tanaman hias harus dipangkas dan daun mati dihilangkan. Semua pemangkasan, di dalam dan di luar, harus dilakukan sebelum festival dimulai.

Beli atau buat lampion Cina merah untuk digantung baik di dalam maupun di luar. Anda juga bisa menggunakan lentera sebagai bagian tengah meja. Anda akan menemukan lentera kertas dijual di toko seni dan kerajinan besar.

Meskipun toko pesta akan menjual banyak dekorasi Tahun Baru Imlek, Anda dapat mencetak kaligrafi Anda sendiri untuk ditempatkan secara strategis di sekitar rumah. Dapatkan beberapa stok kertas tebal dari toko peralatan kantor. Pilih karakter keberuntungan seperti karakter untuk “keberuntungan”, “keberuntungan”, dan “musim semi”. Simbol yang lebih kecil dapat dipotong menjadi ukuran kartu remi, direkatkan ke stik kerajinan es loli, dan kemudian ditempatkan di pot tanaman.

Ingat tanda hewan zodiak Cina untuk tahun yang akan datang (mis., Babi, Kambing, Monyet, dll) dan beri penghormatan dengan representasi kertas dari hewan di suatu tempat. Pertimbangkan untuk mencetak uraian dengan tahun kelahiran dan atribut untuk tanda hewan yang baru. Berikan ini kepada tamu agar mereka dapat mengetahui apakah itu ben ming nian mereka (tahun mereka harus bermain aman).

Bunga segar itu penting, tetapi jangan memilih bunga putih seperti kertas putih musim dingin – bunga itu diberikan saat pemakaman.

Gambar XiXinXing / Getty

Bertukar Hadiah Tahun Baru Imlek

Para tamu mungkin tidak terlalu terburu-buru untuk membeli dan bertukar hadiah lagi setelah Natal, meskipun etiket mengharuskan mereka membawa sesuatu yang kecil ke pesta.

Anda dapat membalasnya dengan hadiah pintu yang lucu atau barang yang dipersonalisasi untuk setiap teman. Hadiah bisa berupa pernak-pernik kecil, amplop merah dengan sedikit uang atau kartu hadiah di dalamnya (hong bao), permen, atau bahkan makanan ringan yang sehat.

Meskipun membutuhkan lebih banyak usaha, setiap hadiah harus diberikan kepada tamu tertentu dan mewakili keinginan Anda untuk kesehatan atau kemakmuran mereka di tahun baru lunar. Karena alasan ini, perhatian lebih penting daripada nilai uang dari hadiah tersebut. Cara cepat dan murah untuk menyesuaikan kado adalah dengan mencetak foto favorit Anda berdua.

Ide hadiah Tahun Baru Imlek biasanya sederhana namun bijaksana:

  • Teh obat untuk membantu teman Anda melewati musim flu
  • Sebuah celengan kecil sudah disiapkan dengan beberapa koin
  • Lilin dengan aroma favorit atau manfaat aromaterapi
  • Sebotol kecil minyak esensial
  • Lip gloss untuk melindungi bibir mereka di musim dingin
  • Buah (jeruk mandarin terbaik / pir terburuk)
  • Cetak foto Anda berdua dalam memori favorit yang Anda bagikan
  • Jika ini adalah ben ming nian (tahun kelahiran zodiak) teman Anda, beri mereka sesuatu yang berwarna merah untuk dipakai atau perhiasan batu giok. Mereka membutuhkan bantuan dengan feng shui mereka untuk menghindari nasib buruk hingga tahun lunar berikutnya.

Meskipun salah satu fokus Tahun Baru Imlek adalah kesehatan yang baik, biasanya ada banyak minuman untuk orang dewasa. Botol kecil “pesawat” berisi minuman favorit para tamu adalah pilihan hadiah yang mudah. Untuk poin bonus, ketahui cara mengatakan “sorakan” dalam bahasa Mandarin. Memperlakukan tidak selalu harus sehat. Anda juga bisa memberikan permen dan makanan yang dipanggang; hiasi kue dengan warna merah cerah.

Tradisi pemberian hadiah Cina mengharuskan Anda untuk tidak memberikan payung, saputangan, jam tangan, bunga putih, atau benda tajam lainnya. Jika seorang teman memiliki payung atau sapu tangan sendiri, suatu hari mereka tidak akan membutuhkan milik Anda! Jam tangan menunjukkan bahwa waktu hampir habis, dan benda tajam melambangkan pemotongan ikatan.

Hadiah yang berhubungan dengan angka “4” dalam beberapa hal tidak boleh diberikan. Kata Cina untuk empat terdengar dekat dengan kata kematian. Hadiah yang berpasangan atau terkait dengan angka “2” adalah pilihan yang ideal.

Saat tamu datang, ketahui cara menyapa semua orang dengan mengucapkan selamat tahun baru dalam bahasa Mandarin!

Gambar Kevin Frayer / Getty

Game dan Hiburan Tahun Baru Imlek

Anda mungkin ingin menggabungkan hiburan Tahun Baru Imlek lebih dari sekadar menikmati makanan dan minuman.

Permainan yang melibatkan keterampilan menggunakan sumpit adalah tradisi yang populer dan mudah diatur, meskipun tidak boleh dimainkan dengan sumpit saat Anda sedang makan! Dengan beberapa nasi mentah, kacang-kacangan, dan barang-barang lain yang sulit diambil serta pengatur waktu, Anda dapat membuat semua jenis permainan sederhana dan kreatif yang bagus untuk tertawa.

Tip: Permainan tidak boleh melibatkan tamu yang saling memberikan barang menggunakan sumpit. Melewati tulang dengan sumpit adalah upacara pemakaman di Asia.

  • Kontes kaligrafi adalah cara mudah untuk bersenang-senang budaya. Sediakan persediaan untuk setiap tamu untuk mencoba kemudian menilai hasilnya dan menawarkan hadiah kecil.
  • Origami, meskipun biasanya dikaitkan dengan budaya Jepang, adalah cara budaya lain untuk menyibukkan semua orang. Orang Tionghoa memang memiliki warisan seni melipat kertas yang dikenal sebagai zhezhi .
  • Pertimbangkan untuk memutar film atau dokumenter yang menggambarkan budaya Tionghoa, dan siapkan musik tradisional yang bagus.

Tidak ada Tahun Baru Imlek yang lengkap tanpa kembang api! Meskipun tetangga Anda mungkin senang atau mungkin tidak senang dengan ledakan besar di bulan Januari atau Februari, Anda mungkin bisa membagikan kembang api atau pilihan warna-warni lainnya untuk membantu menjauhkan makhluk Nian yang menyebalkan itu.

Related Posts

© 2023 News Fiqihislam