Apa itu WAMPServer dan mengapa digunakan?

WampServer yang dimaksud merupakan WAMP + SERVER, sekarang di sini Wamp adalah kependekan dari “ Windows, Apache, MySQL dan PHP ” sedangkan Server berarti program Komputer yang menyediakan service untuk aplikasi atau client lain.

Apa itu WampServer?

Windows yang merupakan platform utama untuk pemula dan user tingkat lanjut untuk mengoperasikan, memproses, dan mengelola tugas komputasi sehari-hari yang berbeda, namun, jika Anda seorang pengembang dan ingin merasakan beberapa perangkat lunak paling kuat tanpa membayar sepeser pun, Anda harus berpikir tentang Linux. Ada begitu banyak paket perangkat lunak yang hanya dirancang untuk berjalan secara efisien di platform Linux seperti server web Apache, interpreter PHP dan database MySQL (LAMP).

Sekarang, masalahnya jika kita memiliki sistem Windows 10/8.1/8/7 dan kita tidak ingin mengubah sistem operasi kita ke Linux untuk menguji aplikasi Web atau PHP atau mempelajari kurva MySQL. Dalam kasus seperti itu, server WAMP berguna.

Catatan : Ini tidak kompatibel dengan Windows XP, SP3, atau Windows Server 2003.

Secara sederhana WAMPServer adalah perangkat lunak yang menggabungkan semua paket ini – Apache, PHP dan MySQL untuk lingkungan Windows untuk menjalankannya secara efisien. Ini menghilangkan waktu pengembang yang dihabiskan dalam proses lingkungan konfigurasi yang rumit dan membebaskan lebih banyak energi untuk pengembangan.

Apa itu wampserver?

Apa kegunaan WAMP?

Pada umumnya developer atau user menggunakan WAMPserver untuk menguji berbagai aplikasi web atau website secara lokal sebelum live menggunakan WAMP. Misalnya, Anda ingin membuat situs web di WordPress tetapi sebelum menayangkan situs web Anda atau membeli hosting, Anda dapat mempelajari cara menginstal WordPress, menyetel tema, dll. secara lokal menggunakan WAMPserver.

Dengan demikian, untuk kemudahan user terutama pemula untuk membuat situs web dinamis, pengembang perangkat lunak ini telah mengintegrasikan:

Server Web Apache atau Server HTTP Apache untuk memungkinkan user menguji halaman web atau aplikasi di browser Windows.

PHP : Bahasa scripting Hypertext Preprocessor untuk pengembangan web dan dapat disematkan ke dalam HTML.

MySQL: Sistem manajemen basis data relasional yang digunakan oleh banyak aplikasi web berbasis basis data seperti Joomla, WordPress, Drupal, dll untuk menyimpan data.

Catatan : Ketiga paket WAMP adalah open source.

Semua ini di Wamp dapat dioperasikan dari menu grafis sederhana dan lingkungan konfigurasi. Ekstensi PHP, modul Apache, buka / tutup mouse untuk mendapatkannya, tidak lagi harus memodifikasi file konfigurasi secara langsung, WAMP akan melakukannya. Tidak perlu lagi menanyakan masalah instalasi PHP dimana-mana, WampServer akan melakukan segalanya untuk Anda. Perangkat lunak ini sepenuhnya gratis dan dapat didownload ke versi terbaru di situs web resminya.

Wampserver mendukung 22 bahasa, Anda dapat mengubah ke salah satu dari mereka dengan klik kanan ikon baki dapat dengan mudah diubah setelah instalasi dan startup).

Ubah bahasa di server WAMP

Wampserver juga mendukung phpMyAdmin, MariaDB, Adminer, PhpSysInfo. Anda tidak perlu memasukkan pernyataan SQL yang rumit untuk mengelola database MYSQL, Anda dapat mengelolanya langsung dari phpMyAdmin yang menyediakan interface user grafis untuk membuat, mengelola, dan menghapus database…

Lihat artikel ini Jika Anda ingin tahu cara menginstal server WAMP di Windows 7 atau Windows 10.

Related Posts

© 2023 News Fiqihislam