Pernyataan Kontraksi uterus yang kuat pada akhir kehamilan menyebabkan ekspulsi. Alasan Refleks stimulasi antara kontraksi uterus dan sekresi oksitosin menyebabkan melemahnya kontraksi.

Kontraksi uterus yang kuat pada akhir kehamilan menyebabkan partus. Persalinan diinduksi oleh mekanisme neuroendokrin yang kompleks. Sinyal untuk partus berasal dari janin yang telah berkembang sempurna dan plasenta yang menginduksi kontraksi uterus ringan yang disebut dengan reflek ejeksi janin. Ini memicu pelepasan oksitosin dari hipofisis ibu. Oksitosin bekerja pada otot rahim dan menyebabkan kontraksi rahim yang lebih kuat, yang pada gilirannya merangsang sekresi oksitosin lebih lanjut. Refleks perangsangan antara kontraksi uterus dan sekresi oksitosin terus menerus menghasilkan kontraksi yang semakin lama semakin kuat.

Jadi, jawaban yang benar adalah ‘Pernyataan benar tetapi Alasan salah’.

Soal: Pernyataan Kontraksi uterus yang kuat pada akhir kehamilan menyebabkan ekspulsi. Alasan Refleks stimulasi antara kontraksi uterus dan sekresi oksitosin menyebabkan melemahnya kontraksi.

A» Pernyataan dan Alasan keduanya benar dan Alasan adalah penjelasan yang benar untuk Pernyataan

B» Baik Pernyataan dan Alasan benar tetapi Alasan bukanlah penjelasan yang benar untuk Pernyataan

C» Pernyataan benar tetapi Alasan salah

D» Pernyataan dan Alasan keduanya salah