Struktur khusus apa yang dimiliki sel epitel pada permukaan bebasnya? Sebutkan juga tempat di mana sel-sel dengan struktur seperti itu muncul.

Epitel terdiri dari satu atau lebih lapisan sel yang menutupi atau melapisi permukaan luar dan dalam dari berbagai bagian tubuh. Ini terdiri dari sel-sel berbentuk berbagai erat diatur dalam satu atau lebih lapisan. Ini terdiri dari dua jenis – epitel sederhana dan majemuk. Epitel sederhana terdiri dari satu lapisan sel pada membran basal. Selanjutnya dibagi menjadi enam jenis berdasarkan modifikasi struktural sel. 1. Epitel skuamosa terdiri dari satu lapisan tipis sel gepeng dengan batas tidak teratur yang terdapat di dinding pembuluh darah, kantung udara paru-paru, dinding kapsul Bownman. 2. Epitel berbentuk kubus terdiri dari satu lapisan sel seperti kubus yang terletak di membran basal yang ada di bagian tubular nefron, saluran kelenjar, folikel tiroid. 3. Epitel kolumnar terdiri dari satu lapisan sel tinggi dan ramping yang terletak di membran basal yang ada di lapisan lambung dan usus. 4. Epitel bersilia terdiri dari silia pada permukaan bebas sel kolumnar dan kuboid yang ada dalam sistem pernapasan. 5. Epitel berlapis semu terdiri dari satu lapis sel yang berbentuk kolumnar tetapi ukurannya tidak sama terdapat pada uretra laki-laki manusia. 6. Epitel kelenjar terdiri dari sel kolumnar atau kuboid yang ada di kelenjar untuk sekresi. Epitel majemuk terdiri dari lebih dari satu lapisan sel yang terdapat pada permukaan lembab rongga bukal, faring, lapisan dalam saluran kelenjar ludah dan saluran pankreas.

Soal: Struktur khusus apa yang dimiliki sel epitel pada permukaan bebasnya? Sebutkan juga tempat di mana sel-sel dengan struktur seperti itu muncul.