Masalah apa yang akan muncul jika terjadi peningkatan atau penurunan jumlah komponen dalam rantai makanan atau jaring-jaring makanan?

Jika terjadi peningkatan atau penurunan jumlah komponen rantai makanan atau jaring-jaring makanan, maka akan terjadi ketidakseimbangan populasi dalam rantai makanan atau jaring-jaring makanan tersebut. Jika komponen tertentu berkurang, organisme yang memakan komponen tersebut juga akan berkurang jumlahnya. Misalnya, jika populasi harimau meningkat, maka populasi rusa akan berkurang dan pengurangan populasi rusa akan menyebabkan kelaparan harimau yang akan mati setelahnya. Demikian pula jika populasi harimau berkurang maka populasi rusa akan meningkat. Dalam hal ini, rusa akan memakan semua rumput dan kemudian akan mati kelaparan. Semua ini akan mengakibatkan terganggunya atau punahnya satu atau lebih rantai makanan dalam suatu ekosistem. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keseimbangan di alam untuk menghindari situasi seperti itu.

Soal: Masalah apa yang akan muncul jika terjadi peningkatan atau penurunan jumlah komponen dalam rantai makanan atau jaring-jaring makanan?