Apa yang akan menjadi p O 2 dan p CO 2 di udara atmosfer dibandingkan dengan mereka di udara alveolar? (i) p O 2 lebih rendah, p CO 2 lebih tinggi (ii) p O 2 lebih tinggi, p CO 2 lebih rendah (iii) p O 2 lebih tinggi, p CO 2 lebih tinggi (iv) p O 2 lebih rendah , p CO2 lebih rendah

pO2 yang lebih tinggi akan lebih tinggi dan pCO2 akan lebih rendah di udara atmosfer dibandingkan dengan yang ada di udara alveolus.

Tekanan parsial oksigen di udara atmosfer lebih tinggi daripada oksigen di udara alveolus. Di udara atmosfer, pO2 sekitar 159 mm Hg. Di udara alveolus, sekitar 104 mm Hg.

Tekanan parsial karbon dioksida di udara atmosfer lebih rendah daripada karbon dioksida di udara alveolus. Di udara atmosfer, pCO2 sekitar 0,3 mm Hg. Di udara alveolus, sekitar 40 mm Hg.

Soal: Apa yang akan menjadi p O 2 dan p CO 2 di udara atmosfer dibandingkan dengan mereka di udara alveolar? (i) p O 2 lebih rendah, p CO 2 lebih tinggi (ii) p O 2 lebih tinggi, p CO 2 lebih rendah (iii) p O 2 lebih tinggi, p CO 2 lebih tinggi (iv) p O 2 lebih rendah , p CO2 lebih rendah