Apa saja empat varietas tanaman kacang polong yang diperoleh Mendel dalam percobaan silang dihibridnya? Tunjukkan rasio mereka dengan bantuan papan catur.

Persilangan dihibrid adalah persilangan antara keturunan F1 dari dua individu yang berbeda dalam dua sifat dari minat tertentu. Sebagai contoh, Mendel mengambil biji bulat dan kuning (RRYY) yang homozigot dominan dan disilangkan dengan biji berbiji keriput dan hijau homozigot resesif (rryy), keturunan yang diperoleh pada generasi F1 berbiji bulat dan kuning (RrYy). Keturunannya heterozigot untuk gen R dan Y. tanaman F1 memiliki empat jenis gamet, RY, Ry, Ry, dan ry. Untuk gen pada kromosom yang terpisah, setiap pasangan alel menunjukkan bermacam-macam independen. Jadi, dengan menyilangkan F1, perbandingan fenotipnya adalah 9:3:3:1, dimana 9 biji kuning dan bulat, 3 biji bulat dan hijau, 3 biji kuning dan keriput, dan 1 biji hijau dan keriput.

Soal: Apa saja empat varietas tanaman kacang polong yang diperoleh Mendel dalam percobaan silang dihibridnya? Tunjukkan rasio mereka dengan bantuan papan catur.