Pernyataan Ketika urutan DNA dua orang dipotong menggunakan enzim restriksi yang sama, panjang dan jumlah fragmen yang diperoleh berbeda untuk keduanya. Alasan Urutan DNA disusun secara tandem dalam banyak nomor salinan yang bervariasi dari kromosom ke kromosom pada individu, menunjukkan tinggi derajat polimorfisme.

Dalam DNA satelit, pengulangan basa secara bersamaan. Tergantung pada panjang, komposisi dasar dan jumlah unit berulang yang tandem, DNA satelit memiliki subkategori seperti mikrosatelit dan minisatelit. DNA satelit menunjukkan polimorfisme. Mutasi pada sekuens nonkode telah menumpuk seiring waktu dan membentuk dasar polimorfisme DNA (variasi pada tingkat genetik muncul karena mutasi) Polimorfisme DNA adalah dasar pemetaan genetik genom manusia serta sidik jari DNA. DNA setiap organisme memiliki urutan spesifik yang dapat dipecah oleh enzim restriksi untuk menghasilkan fragmen dengan panjang yang berbeda. Fragmen ini disebut fragmen restriksi. Terjadinya perbedaan panjang sekuens DNA yang dibelah pada tempat restriksi disebut sebagai polimorfisme panjang fragmen restriksi (RFLP).

Jadi, jawaban yang benar adalah ‘Pernyataan dan Alasan keduanya benar dan Alasan adalah penjelasan yang benar untuk Pernyataan’.

Soal: Pernyataan Ketika urutan DNA dua orang dipotong menggunakan enzim restriksi yang sama, panjang dan jumlah fragmen yang diperoleh berbeda untuk keduanya. Alasan Urutan DNA disusun secara tandem dalam banyak nomor salinan yang bervariasi dari kromosom ke kromosom pada individu, menunjukkan tinggi derajat polimorfisme.

A» Pernyataan dan Alasan keduanya benar dan Alasan adalah penjelasan yang benar untuk Pernyataan

B» Baik Pernyataan dan Alasan benar tetapi Alasan bukanlah penjelasan yang benar untuk Pernyataan

C» Pernyataan benar tetapi Alasan salah

D» Pernyataan dan Alasan keduanya salah