Pernyataan Ketika urin bergerak melalui ekstremitas desendens, ia menjadi hipertonik dan saat melewati ekstremitas asendens lengkung Henle, menjadi hipotonik. Alasan Tungkai desendens permeabel terhadap ion natrium, sedangkan ekstremitas asendens tidak permeabel terhadap ion natrium.

Reabsorpsi di segmen lengkung Henle minimal. Namun, wilayah ini memainkan peran penting dalam pemeliharaan osmolaritas tinggi cairan interstisial meduler. Bagian menurun dari lengkung Henle permeabel terhadap air tetapi hampir permeabel terhadap elektrolit. Ini mengkonsentrasikan filtrat saat bergerak ke bawah. Dengan kata lain, filtrat menjadi hipertonik. Ekstremitas menaik tidak permeabel terhadap air tetapi memungkinkan pengangkutan elektrolit secara aktif atau pasif. Oleh karena itu, ketika filtrat pekat melewati ke atas, ia menjadi encer atau menjadi hipotonik karena lewatnya elektrolit ke cairan meduler.

Soal: Pernyataan Ketika urin bergerak melalui ekstremitas desendens, ia menjadi hipertonik dan saat melewati ekstremitas asendens lengkung Henle, menjadi hipotonik. Alasan Tungkai desendens permeabel terhadap ion natrium, sedangkan ekstremitas asendens tidak permeabel terhadap ion natrium.

A» Pernyataan dan Alasan keduanya benar dan Alasan adalah penjelasan yang benar untuk Pernyataan.

B» Baik Pernyataan dan Alasan benar tetapi Alasan bukanlah penjelasan yang benar untuk Pernyataan.

C» Pernyataan benar tetapi Alasan salah.

D» Pernyataan dan Alasan keduanya salah.