Ketika burung besar Dodo yang tidak bisa terbang punah di pulau Mauritius pada akhir abad ke-18, sebuah pohon juga kehilangan kemampuannya untuk tumbuh. Yang mana pohon ini?

Sideroxylon grandiflorum , yang dikenal sebagai tambalacoque atau pohon dodo, adalah pohon berumur panjang dalam famili Sapotaceae, endemik Mauritius. Itu dihargai karena kayunya. Mereka disebut sebagai drupes karena mereka memiliki endokarp keras, atau lubang, mengelilingi benih, dengan endokarp alami membelah sepanjang garis patahan selama perkecambahan. Pada tahun 1973, diperkirakan spesies ini sedang sekarat. Seharusnya hanya ada 13 spesimen yang tersisa, semuanya diperkirakan berusia sekitar 300 tahun. Usia sebenarnya tidak dapat ditentukan karena tambalacoque tidak memiliki cincin pertumbuhan. Stanley Temple berhipotesis bahwa dodo, yang punah pada abad ke-17, memakan buah tambalacoque, dan hanya dengan melewati saluran pencernaan dodo benih dapat berkecambah.

Jadi pilihan yang tepat adalah ‘pohon tambalacoque’.

Soal: Ketika burung besar Dodo yang tidak bisa terbang punah di pulau Mauritius pada akhir abad ke-18, sebuah pohon juga kehilangan kemampuannya untuk tumbuh. Yang mana pohon ini?

A» telapak tangan Rafia

B» Pohon Baobab

C» Pohon Tambalacoque

D» Pohon kelapa ganda