Ketika betina memilih pasangan berdasarkan daya tarik karakteristik tertentu, kondisi keseimbangan Hardy-Weinberg mana yang dilanggar?

Hukum Hardy-Weinberg atau teorema Hardy-Weinberg atau kesetimbangan Hardy-Weinberg adalah hukum dasar genetika populasi yang memberikan dasar untuk mempelajari populasi Mendel. Hukum ini dikembangkan secara independen oleh GH Hardy, seorang matematikawan Inggris dan G Weinberg, seorang dokter Jerman pada tahun 1908. Hukum ini menyatakan bahwa gen dan frekuensi genotip dalam populasi mendelian tetap konstan dari generasi ke generasi, jika tidak ada seleksi, mutasi, migrasi atau penyimpangan acak.

Dengan demikian proporsi asli genotipe dalam suatu populasi akan tetap konstan dari generasi ke generasi, selama asumsi berikut terpenuhi:

  1. Ukuran populasi sangat besar.
  2. Tidak ada gen yang diinput dari sumber lain yaitu tidak ada aliran gen yang terjadi.
  3. Tidak terjadi mutasi.
  4. Tidak terjadi seleksi alam.
  5. Terjadi perkawinan acak.

Oleh karena itu jika betina memilih pasangan berdasarkan daya tarik karakteristik tertentu, ini tidak akan menjadi perkawinan acak dan akan melanggar keseimbangan Hardy-Weinberg.

Jadi, jawaban yang benar adalah ‘kawin acak’.

Soal: Ketika betina memilih pasangan berdasarkan daya tarik karakteristik tertentu, kondisi keseimbangan Hardy-Weinberg mana yang dilanggar?

A» Populasi besar

B» Tidak ada aliran gen

C» Tidak ada mutasi

D» Tidak ada seleksi alam