Ketika awalnya diklasifikasikan, paus dan kuda nil ditempatkan dalam ordo yang berbeda. Analisis molekuler baru-baru ini menunjukkan bahwa paus (ordo Cetacea) dan kuda nil (ordo Artiodactyla) sangat berkerabat dekat, berbagi nenek moyang yang sama baru-baru ini. Hal ini menyebabkan beberapa ahli taksonomi membuat pohon filogenetik baru yang menyatukan dua ordo menjadi satu clade. Masih belum jelas apakah paus menyimpang dari Hippopotamus sebelum atau setelah divergensi spesies lain dalam ordo Artiodactyla. Saat menganalisis dua kemungkinan pohon filogenetik baru di atas, manakah dari berikut ini yang merupakan inferensi akurat?

Llama lebih dekat hubungannya dengan Hippopotamus di Clade pilihan A daripada di B. Dalam clade pilihan B, mereka telah menyimpang paling primitif. Opsi Clade A menunjukkan bahwa Llama lebih dekat kekerabatannya dengan Hippopotamus daripada Paus karena paus menyimpang lebih awal dari Llama. Di Clade Option B, Llamas dan Giraffes) lebih erat hubungannya satu sama lain. Namun, Hippopotamus lebih terkait dengan paus daripada dua artiodactyl lainnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah ‘Opsi Klade A menunjukkan bahwa Llama lebih dekat hubungannya dengan Kuda Nil daripada Paus.’

Soal: Ketika awalnya diklasifikasikan, paus dan kuda nil ditempatkan dalam ordo yang berbeda. Analisis molekuler baru-baru ini menunjukkan bahwa paus (ordo Cetacea) dan kuda nil (ordo Artiodactyla) sangat berkerabat dekat, berbagi nenek moyang yang sama baru-baru ini. Hal ini menyebabkan beberapa ahli taksonomi membuat pohon filogenetik baru yang menyatukan dua ordo menjadi satu clade. Masih belum jelas apakah paus menyimpang dari Hippopotamus sebelum atau setelah divergensi spesies lain dalam ordo Artiodactyla. Saat menganalisis dua kemungkinan pohon filogenetik baru di atas, manakah dari berikut ini yang merupakan inferensi akurat?

A» Clade Option B menunjukkan bahwa Llama lebih baru terkait dengan Hippopotamus daripada yang ditunjukkan pada Clade Option A.

B» Opsi Clade A menunjukkan bahwa Llama lebih dekat kekerabatannya dengan Hippopotamus daripada Paus.

C» Clade Opsi A menunjukkan bahwa Llama lebih dekat hubungannya dengan Paus daripada dengan Kuda Nil.

D» Dalam Opsi Klade B, semua artiodactyl (Hippopotamus, Llamas, dan Giraffes) lebih erat hubungannya satu sama lain daripada apa pun yang terkait dengan Paus.