Gandum (Triticum turgidum) dan gandum hitam (Secale cereale) diperbolehkan untuk dibiakkan untuk menghasilkan Triticale yang mengekspresikan karakteristik yang paling diinginkan dari kedua spesies. Manakah dari berikut ini yang benar untuk ploidi hibrida yang dihasilkan yang memiliki empat set kromosom dari tanaman gandum ibu dan dua set dari tanaman gandum hitam dari pihak ayah?

Kehadiran dua set kromosom lengkap dalam organisme membuatnya diploid. Demikian pula, jika organisme memiliki 3, 4, 6, atau 8 set kromosom lengkap, dikatakan triploid, tetraploid, hexaploid atau oktaploid. Karena hibrida memiliki 6 set kromosom lengkap (empat dari gandum dan dua dari gandum hitam), itu adalah heksaploid.

Jadi, jawaban yang benar adalah pilihan D.

Soal: Gandum (Triticum turgidum) dan gandum hitam (Secale cereale) diperbolehkan untuk dibiakkan untuk menghasilkan Triticale yang mengekspresikan karakteristik yang paling diinginkan dari kedua spesies. Manakah dari berikut ini yang benar untuk ploidi hibrida yang dihasilkan yang memiliki empat set kromosom dari tanaman gandum ibu dan dua set dari tanaman gandum hitam dari pihak ayah?

A» Diploid (2n)

B» Triploid (3n)

C» Tetraploid (4n)

D» Heksaploid (6n)