Bila tanaman murni penghasil bunga merah genotipe RR disilangkan dengan tanaman murni penghasil bunga putih genotipe rr, semua tanaman F1 menghasilkan bunga merah muda. Jika semua tanaman pada setiap generasi dari F 1 sampai F 6 berkembang biak sendiri, berapa persentase tanaman dengan bunga merah dan putih pada populasi akhir yang terdiri dari sejumlah besar individu? (Pertimbangkan bahwa warna bunga memiliki tidak berpengaruh pada reproduksi dan kelangsungan hidup.)

Ini adalah persilangan monohibrid, di mana setiap generasi F1 ketika tanaman merah muda dibiakkan sendiri, mereka menghasilkan satu tanaman merah, 2 tanaman merah muda, dan 1 tanaman putih dan tanaman putih dan merah menghasilkan satu tanaman merah dan putih. masing-masing. Pemuliaan tumbuh secara eksponensial dan pada F6 ada 30-40% tanaman putih dan merah murni dalam populasi besar.

Soal: Bila tanaman murni penghasil bunga merah genotipe RR disilangkan dengan tanaman murni penghasil bunga putih genotipe rr, semua tanaman F1 menghasilkan bunga merah muda. Jika semua tanaman pada setiap generasi dari F 1 sampai F 6 berkembang biak sendiri, berapa persentase tanaman dengan bunga merah dan putih pada populasi akhir yang terdiri dari sejumlah besar individu? (Pertimbangkan bahwa warna bunga memiliki tidak berpengaruh pada reproduksi dan kelangsungan hidup.)

A» 3 4

B» 1 2 1 3

C» 4 9 5 1

D» 3 0 4 0