Apa yang dimaksud dengan penyerapan ion secara pasif dan aktif? Berikan penjelasan tentang penyerapan yang dimediasi oleh pembawa

Transpor aktif adalah pergerakan ion melawan gradien konsentrasi dari konsentrasi yang lebih rendah ke konsentrasi yang lebih tinggi, tidak dapat terjadi secara alami sehingga diperlukan enzim dan energi.

Transpor pasif adalah perpindahan ion dari konsentrasi yang lebih tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah. Ada beberapa cara yaitu, difusi sederhana, difusi terfasilitasi, filtrasi, dan osmosis. Terjadi melalui proses entropi sistem sehingga tidak diperlukan energi tambahan.

Penyerapan yang dimediasi oleh operator:

Pembawa tidak mengkatalisis reaksi skalar seperti ATP dan hidrolisis. Jadi, proses transportasi tidak melibatkan modifikasi kimia dari senyawa yang terikat pada pembawa. Pembawa mengkatalisis pergerakan ion anorganik dan zat terlarut organik sederhana melintasi membran. Pembawa bersifat spesifik dalam substratnya.

Pembawa menunjukkan kinetika Michaelis-Menten yang menunjukkan perubahan konformasi selama transportasi. Pembawa sukrosa yang secara khusus bertanggung jawab untuk memuat sukrosa ke dalam floem adalah contoh transportasi ion yang dimediasi pembawa..

Soal: Apa yang dimaksud dengan penyerapan ion secara pasif dan aktif? Berikan penjelasan tentang penyerapan yang dimediasi oleh pembawa