7 Syarat Sujud Dalam Shalat dan Anggota Sujudnya

Sujud menurut lughot yaitu attatoomunu artinya condong.

Syaratnya sujud yaitu ada 7 :

  1. Sujud dengan 7 anggota, karena ada hadist yang diriwayatkan Ibni ‘abbas, “berkata Rasulullah, menurutnya diperintah saya sujud dengan 7 anggota dari mulai jidat, ujung dua jari, telapak kaki dan dua dengkul serta jangan mencegah saya ke pakain”.
  2. Jidatnya harus terbuka, kecuali ada udzur seperti ada bulu yang jadi di jidat atau adanya perban karena ada yang sakit (kalau perbannya dibuka bisa masaqot mukanya). Selain itu sujud harus menempelkan jidat.
  3. Memberatkan kepala, Selain itu sujud harus menempelkan jidat (jidatnya saja, tidak sisanya anggota yang lain, sehingga kena beratnya kepala ke tempat sujudnya)
  4. Jangan bermaksud turun kepada selain sujud
  5. Jangan sujud seseorang terhadap suatu perkara yang kebawa gerak oleh orang tersebut, misalnya jangan sujud ke yang dibawa seperti sorban)
  6. Harus menjungkir atau dikebawahkan sesuatu yang diatas (kepala), dan bokong diatas.
  7. Tuma’ninah dalam melakukan sujud, maka tidak sah apabila sujud dilakukan tanpa tuma’ninah.

Anggota sujud :

  1. Jidat, antara dua pelipis dan lebarnya antara tumbuhnya rambut kepaladengan alis dua, tegasnya ketika sujud harus nyimpen jidatnya ke tempat sujud dengan beratnya jidat sambil jangan diangkat, serta nyimpen dua tangan tegesnya menempelkan telapaknya tapi cukup dengan sebagiannya. Menempelkan dua dampal/telapak jari-jari kaki itu cukup dengan menempelkan perut jarinya
  2. Telapak tangan kanan
  3. Telapak tangan kiri
  4. Lutu kanan
  5. Lutut kiri
  6. Dampal/telapak jari kanan
  7. Dampal/telapak jari kiri

 

Diambil dari kitab Syafinatunnnaja Fiusuluddin Walfikhi karangan Abdul Mu’ti Muhammad Nawawi